Perhatikan, Ini 10 Cara Mencegah Penularan Covid-19 pada Lansia

By Presi, Kamis, 17 September 2020 | 21:30 WIB
Perhatikan, Ini 10 Cara Merawat Lansia selama Pandemi Covid-19 (Freepik)

NOVA.id - Semua orang berisiko terinfeksi covid-19, namun lansia memiliki risiko yang lebih tinggi karena sistem kekebalan tubuhnya yang relatif lebih rendah.

Selain itu, lansia umumnya telah memiliki berbagai penyakit kronik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penurunan fungsi ginjal, dan penyakit paru obstruksi kronik yang meningkatkan risiko komplikasi penyakit.

Oleh karena itu kita harus menjaga lansia agar tetap sehat dan terhindar dari paparan covid-19.

Jika Sahabat NOVA memiliki kerabat lansia di rumah, dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri RS Pondok Indah, Dr. dr. Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer punya 10 tips mencegah penularan covid-19 pada lansia.

Baca Juga: Wajib Lakukan Imunisasi Walau Pandemi Melanda, Ini Cara Amannya

1. Jaga jarak

Upayakan sebisa mungkin menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal 1 meter dan hindari bersentuhan dengan orang lain termasuk bersalaman, serta jauhi orang sakit.

Keluarga dan kerabat yang sedang sakit flu diharapkan tidak melakukan kontak dengan lansia karena dikhawatirkan akan menularkan virus yang sedang diidapnya.

Jika Sahabat NOVA banyak aktivitas di luar rumah, kita wajib menjalankan protokol kesehatan saat pulang ke rumah.

Misalnya tidak duduk/menyentuh barang barang di rumah sebelum mandi dan keramas, mencuci pakaian yang digunakan di luar rumah padakesempatan pertama, senantiasa menjaga jarak, dan tetap menggunakan masker meskipun berada di rumah.

Baca Juga: Cegah Infeksi Virus Corona pada Lansia dengan Asupan Nutrisi Sederhana Namun Penting Ini!