Ingin Pastikan Kesehatan Diri dan Keluarga Selama Pandemi? Lakukan 4 Hal Ini

By Nana Triana, Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:28 WIB
Ilustrasi Seorang wanita sedang melakukan jogging. ( Dok. Shutterstock)

 

NOVA.id - Semenjak pemerintah mengumumkan bahwa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai dilonggarkan dan masyarakat diminta belajar memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), aktivitas di luar rumah bisa sedikit lebih bebas.

Perkantoran kembali dibuka dengan penyesuaian jumlah kapasitas karyawan, restoran sudah kembali dapat melayani makan di tempat (dine-in), dan transportasi umum kembali ramai.

Oleh sebab pandemi Covid-19 masih berlangsung dan kurva penularan penyakit ini belum melandai, kekhawatiran pasti timbul di dalam hati Sahabat NOVA ketika menjalani aktivitas di luar rumah.

Selain takut terpapar virus corona yang jadi penyebabnya, Sahabat NOVA juga takut menjadi pasien tanpa gejala (OTG) yang membawa virus ke dalam rumah.

Baca Juga: Yuk Mulai Dicoba, Ini 5 Manfaat Lari di Pagi Hari Sebelum Beraktivitas

Nah, jika Sahabat NOVA ingin merasa tenang, pastikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Caranya ternyata tidak rumit. Anda hanya perlu melakukan empat hal di bawah ini.

1. Patuhi protokol kesehatan

Meskipun mulai terbiasa dengan kehidupan new normal, pastikan Anda tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memperhatikan kebersihan ruangan serta barang-barang yang digunakan. Selain itu, selalu gunakan masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan saat bepergian atau saat berada di tempat fasilitas umum.

Perlu Sahabat NOVA ketahui, jika mengenakan masker berbahan kain usahakan untuk memilih yang berbahan non-stretch serta memiliki minimal dua lapisan. Jika mengenakan masker medis sekali pakai, ganti setiap empat jam sekali. Sahabat NOVA juga dianjurkan membawa hand sanitizer sebagai pengganti air dan sabun untuk membersihkan tangan.

2. Konsumsi makanan bergizi

Sahabat NOVA wajib memastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Tak hanya itu Anda juga harus memastikan kebutuhan serat tercukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan alami untuk membantu tubuh melawan radikal bebas, yang bisa melemahkan sistem imun.