Nostalgia Masakan Rumahan, Begini Tips agar Masakan Berkuah Terasa Lezat

By Fathia Yasmine, Rabu, 23 Desember 2020 | 10:45 WIB
Sajian Sup Ayam Asam Pedas dengan tambahan Kaldu Blok Indofood Ayam (Dok. Indofood)

Nova.id – Masakan ibu adalah masakan paling enak sedunia” begitulah kalimat yang sering muncul ketika Sahabat Nova sudah berkeluarga atau tinggal jauh dari rumah. Ibu Anda bisa mengolah bahan dan bumbu sederhana menjadi hidangan nikmat untuk disantap.

Sahabat Nova mungkin memiliki beberapa resep masakan yang disenangi dan diturunkan dari orangtua. Seperti sup, soto ayam, tumis sayuran, hingga opor daging. 

Resep-resep ini sangat berguna terlebih selama sepuluh bulan terakhir menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Resep-resep tersebut menjadi panduan Sahabat Nova untuk mengatasi keterbatasan skill memasak dan saat berkreasi dengan bahan yang tersedia.

Namun, terkadang cita rasa khas masakan ibu tidak bisa didapat karena berbeda tangan yang memasak, maka berbeda pula hasilnya. Nah, Sahabat Nova tidak perlu khawatir. Berikut trik-trik memasak yang bisa dibaca untuk memperoleh cita rasa seenak masakan ibu.

Baca Juga: Sebelum Kuliah di Luar Negeri, Persiapan Ini yang Perlu Dilakukan

Aturan menumis bawang

Ketika melihat resep, Sahabat Nova pasti tidak asing dengan instruksi “tumis bawang putih dan merah sampai harum”. Ya, meski terdengar sederhana, ternyata aturan ini harus diperhatikan dengan baik.

Sebab, bumbu bawang merupakan pengunci aroma masakan yang paling dasar. Jika bawang belum tercium harum, masakan akan berbau langu dan tidak sedap. Inilah yang membuat proses menumis bawang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk menyiasati hal ini, Sahabat Nova harus memastikan jika minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukan bawang. Setelah minyak panas dan bawang mulai dimasukkan, Sahabat Nova perlu mengecilkan api sampai bawang berubah kecoklatan dan tercium harum.

Setelah proses ini selesai, barulah Sahabat Nova bisa menambahkan bahan-bahan tumisan lain. Jika dilakukan dengan tepat, masakan yang nikmat pun bisa Sahabat Nova dapatkan.

Baca Juga: Berita Terpopuler: Rizky Febian Pertanyakan Kontribusi Teddy hingga 6 Zodiak yang Diprediksi Alami Keberuntungan Besar di Tahun 2021

Menambahkan air