Inilah Pentingnya Perbankan dalam Memulihkan Ekonomi Setelah Pandemi

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 14 Januari 2021 | 09:34 WIB
Pentingnya Perbankan dalam Memulihkan Ekonomi Setelah Pandemi (ilustrasi) (istock)

NOVA.id – Satu tahun sudah pandemi covid-19 melanda dan menyebabkan kondisi perekonomian melebah, bahkan memicu resesi ekonomi global.

Berbeda dengan krisis Asia maupun krisis global yang pernah terjadi sebelumnya, dampak pandemi covid-19 terasa di segala sektor, tak terkecuali sektor keuangan.

Oleh karena itu, lembaga perbankan berperan penting memastikan kondisi ekonomi dalam keadaan stabil selama pandemi covid-19 masih berlangsung.

Baca Juga: Jaga Keuangan Tetap Stabil, Begini Cara Mengelola Keuangan bagi Pasangan Muda

Dalam laporan mingguan yang baru dirilis oleh Bank DBS Indonesia disebutkan bahwa peran bank sangat signifikan untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Laporan yang bertajuk Asia’s Banks, Problem or Solution? tersebut menekankan bahwa bank-bank di Asia masih memiliki neraca keuangan yang relatif kuat sehingga dapat secara aktif terlibat dalam program pinjaman dan kebijakan yang fleksibel.

“Di Asia, sebagian besar bank dalam kondisi yang baik sejauh ini. Rasio kecukupan modal secara keseluruhan telah meningkat atau tetap datar di sebagian besar negara dalam dekade terakhir,”  seperti yang tertulis dalam laporan yang terbit pada 12 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: 4 Strategi Pintar Atur Uang untuk Bertahan di Masa Pandemi Covid-19