Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Netralkan Racun Polusi Udara dalam Tubuh

By Alsabrina, Minggu, 31 Januari 2021 | 16:01 WIB
Makanan yang bisa menetralkan polusi dalam tubuh (iStockphoto)

NOVA.id - Kualitas udara yang kita hirup sehari-hari terancam tak lagi sehat apalagi buat yang tinggal di Ibukota Jakarta.

Selasa (25/06/19), AirVisual menunjukkan Jakarta masuk dalam 4 kota dengan pencemaran udara terburuk di dunia setelah Dubai, New Delhi, dan Santiago.

Ternyata, polusi udara tak hanya membuat kesehatan paru-paru memburuk. Polusi udara juga bisa membuat tubuh terserang penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi dan hipertensi (tekanan darah tinggi). 

Beberapa jenis pencemaran udara yang paling sering ditemukan adalah Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NO2), Sulfur Oksida (SOx), Photochemical Oksida dan Partikel.

Terkait hal itu, dilansir dari Cambridge Mask.com dan Times Now Digital, yuk jaga kesehatan kita dengan mengonsumsi 8 makanan dan minuman sehat yang dijamin ampuh usir polusi udara berikut ini!

Baca Juga: Bisa Meluruhkan Lemak Tubuh, Begini Resep Minuman Herbal dari Kayu Manis

1. Brokoli

Manfaat yang Terkandung dalam Brokoli (Istock)

Brokoli membersihkan tubuh dari zat yang mencemari seperti Karbon monoksida (CO), oksida sulfur (SOx), oksida nitrogen (NOx), partikulat, dan hidrokarbon (HC).

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa bahan aktif yang ditemukan dalam sayuran ini dapat membantu mengeluarkan beberapa jenis polutan udara. 

Nah, sering-sering ya makan brokoli baik itu dijadikan sayur, sandwhich brokoli keju, brokoli saus keju, ayam dan brokoli panggang keju, tumis brokoli daging, dan brokoli keju jagung.

Baca Juga: Resep Brokoli Siram Sarden Jadi Menu Makan Siang Praktis yang Gugah Selera