Festival Pilih Lokal Aja: La Dame in Vanilla Hanya Gunakan Media Sosial Gratis Ini Saat Mengembangkan Usahanya

By Alsabrina, Rabu, 24 Februari 2021 | 10:57 WIB
(Ilustrasi) Media sosial untuk memasarkan produk (iStockphoto)

NOVA.id - Berawal dari kesukaannya membuat kue dan kegiatan baking lainnya, Lidya Rinaldi, founder La Dame in Vanilla kini sukses berkat membuka usaha produk ekstrak vanila.

Diceritakan Lidya Rinaldi pada Festival #PilihLokalAja yang diselenggarakan NOVA.id pada Selasa (23/02) malam, ia mulanya ingin membuat 1 kue yang dalam resepnya diperlukan ekstrak vanila untuk membuat kue lebih enak dan wangi. Sayangnya, Lidya hanya menemukan ekstrak vanila buatan, bukan dari vanila asli.

Kalaupun ada, ia menemukan dengan harga yang mahal. Padahal, saat itu Indonesia diketahui sudah menduduki tiga besar negara penghasil vanila di dunia, tapi menemukan biji vanili (pembuat rasa vanila) di pasaran sulit didapat.

Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM

Hal itulah yang membuat Lidya Rinaldi tersadar bahwa jarangnya ekstrak vanila asli di Tanah Air.

"Berawal banget dari hobi. Jadi hobi saya tuh baking, sebelumnya saya pun juga seorang pekerja. Di waktu senggang, saya biasanya nonton acara memasak cookie because I really love baking.

"Lalu, pada saat itu saya nonton channel dan saya ingin bikin juga. Lalu saya tulis semua ingredients-nya. Semua saya tulis, saya ke toko bahan kue. Saya beli cuma satu bahan yang saya nggak dapatkan, yaitu ekstrak vanila.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Pentingnya Peran Komunitas untuk Membangun Bisnis UMKM