Festival Pilih Lokal Aja: La Dame in Vanilla Hanya Gunakan Media Sosial Gratis Ini Saat Mengembangkan Usahanya

By Alsabrina, Rabu, 24 Februari 2021 | 10:57 WIB
(Ilustrasi) Media sosial untuk memasarkan produk (iStockphoto)

NOVA.id - Berawal dari kesukaannya membuat kue dan kegiatan baking lainnya, Lidya Rinaldi, founder La Dame in Vanilla kini sukses berkat membuka usaha produk ekstrak vanila.

Diceritakan Lidya Rinaldi pada Festival #PilihLokalAja yang diselenggarakan NOVA.id pada Selasa (23/02) malam, ia mulanya ingin membuat 1 kue yang dalam resepnya diperlukan ekstrak vanila untuk membuat kue lebih enak dan wangi. Sayangnya, Lidya hanya menemukan ekstrak vanila buatan, bukan dari vanila asli.

Kalaupun ada, ia menemukan dengan harga yang mahal. Padahal, saat itu Indonesia diketahui sudah menduduki tiga besar negara penghasil vanila di dunia, tapi menemukan biji vanili (pembuat rasa vanila) di pasaran sulit didapat.

Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM

Hal itulah yang membuat Lidya Rinaldi tersadar bahwa jarangnya ekstrak vanila asli di Tanah Air.

"Berawal banget dari hobi. Jadi hobi saya tuh baking, sebelumnya saya pun juga seorang pekerja. Di waktu senggang, saya biasanya nonton acara memasak cookie because I really love baking.

"Lalu, pada saat itu saya nonton channel dan saya ingin bikin juga. Lalu saya tulis semua ingredients-nya. Semua saya tulis, saya ke toko bahan kue. Saya beli cuma satu bahan yang saya nggak dapatkan, yaitu ekstrak vanila.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Pentingnya Peran Komunitas untuk Membangun Bisnis UMKM

"Karena adanya artificial product (produk buatan) dan saya nggak pengen gitu kan. Saya ke toko bahan import, ada tapi berbasis alkohol dan harganya lumayan mahal," ujar Lidya.

Setelahnya Lidya melakukan riset bahkan melakukan trial and error selama setahun penuh demi mendapatkan produk yang sesuai.

Bukan hanya kendala bahan dasar saja, Lidya juga harus berjuang mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Baca Juga: Brand Lokal di Balik Style Giorgino Abraham pada Sinetron Terbarunya

"Kebetulan, artificial vanilla mungkin list di MUI sudah ada ya. Tapi real vanilla mungkin nggak ada. Kita hampir 1 tahun lebih untuk mendapatkan sertifikat MUI karena pihak MUI benar-benar melakukan tes di kita dari awal pembuatan sampai akhirnya itu barang jadi.

"But, finally Alhamdulillah, kita mendapatkan sertifikasi MUI," ujar Lidya.

La Dame in Vanilla sudah dikenal bahkan melenggang ke pasar internasional, mulai Malaysia, Singapura, Jepang, hingga Amerika Serikat. Lidya Rinaldi pun memberikan tips untuk menjalankan bisnis kecil yang berasal dari rumah.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Rawat Kulit dan Kita Makin Pintar Atur Uang

"Menurutku, sangat penting untuk bangun bisnis yang berangkat dari passion, dari kesukaan kita, dari kecintaan kita. Karena apabila kita sudah cinta, melakukannya apapun akan lebih mudah."

"Kalau misalnya kita mikirin dari sisi negatifnya, nggak jalan-jalan."

"Jadi cukup penting juga untuk menciptakan hal positif yang kita pikirkan dengan niat dan yang paling penting banget adalah restu orang tua. Itu sangat penting. Karena doa orang tua itu Masya Allah luar biasa banget," ujar Lidya.

Baca Juga: Rekomendasi Pakaian dengan Konsep Cheerful dan Desain Playful

Tak hanya itu, Lidya pun memberikan bocoran tips memasarkan produk secara online.

"Tipsnya itu kalau jualan secara online yang jelas gimana caranya kita create engage dengan follower kita atau dengan follower yang kita inginkan."

"Komunikasikan dengan cara cepat. Kayak misalnya produk kita, produk La Dame in Vanilla kan kebetulan bahan baking."

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Skincare untuk Anak dengan Bahan Alami

"Jadi informasi yang kita share di instagram tuh pasti yang terkait dengan baking, sharing resep, terus kita juga bikin baking class. Jadi harus nyambung gitu. Jangan tiba-tiba keluar dari ranah bisnis yang kita adakan."

Menurut Lidya, sebelum bisnisnya sebesar sekarang, ia hanya memakai 1 media sosial untuk memasarkan produknya.

"Jujur saja, Instagram sangat berpengaruh. Sama Facebook juga sih, tapi lebih ke Instagram. Benar-benar kita posting sendiri, bikin caption sendiri, desain sendiri, bikin logo sendiri, pokoknya semuanya sendiri waktu itu. Waktu itu masih kecil ya, jadi memaksimalkan apa yang kita bisa."

Baca Juga: NOVA Usung Movement Pilih Lokal Aja untuk Ajak Masyarakat Cinta Produk Dalam Negeri

"Mungkin, buat teman-teman di sini yang baru memulai bisnis, nggak perlu khawatir, coba saja dulu," tandas Lidya Rinaldi.

La Dame in Vanilla sendiri merupakan ekstrak vanila halal yang sudah dipasarkan di e-commerce dengan harga produk berkisar Rp29.500,00-Rp730.000,00.

Berbincang dengan UMKM bersama Lidya Rinaldi dari La Dame in Vanilla adalah salah satu rangkaian acara dari movement yang dilakukan NOVA, yakni #PilihLokalAja.

Melalui movement #PilihLokalAja, NOVA ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal yang tak kalah kualitas dan ragamnya.

Baca Juga: Sogan Batik, Terinspirasi dari Kekuatan Terpendam Para Perempuan

 

 

Dengan mengusung movement #PilihLokalAja, sepanjang tahun 2021 NOVA akan mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat dan saling memberi dukungan kepada sesama pelaku usaha.

Sebagai dukungan kepada para pelaku usaha ini, NOVA juga akan memberikan edukasi kepada pelaku usaha UMKM, khususnya perempuan, agar dapat mengatasi berbagai kendala seperti masalah permodalan, pengelolaan keuangan, pemanfaatan teknologi untuk pemasaran, termasuk kiat memproteksi usahanya.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Pentingnya Peran Komunitas untuk Membangun Bisnis UMKM

Movement #PilihLokalAja dirilis pada perayaan HUT NOVA ke-33, melalui penyelenggaraan kegiatan online di berbagai platform digital, yaitu Instagram, YouTube, Facebook, dan Radio Sonora FM, selama 3 hari, yaitu pada tanggal 22-25 Februari 2021.

Dengan segala kekuatan untuk saling mendukung, diharapkan pelaku usaha UMKM perempuan dapat makin percaya diri dalam memperkenalkan produknya, semakin baik dalam pengelolaan usahanya, sehingga bisa semakin mendorong masyarakat untuk selalu #PilihLokalAja.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)