NOVA.id - Bertepatan dengan Hari Konsumen Nasional pada 20 April dan momen Hari Bumi 22 April, Yayasan WWF Indonesia menyelenggrakan Beli yang Baik Sustainable Consumption and Production Expo, yang disponsori oleh Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Kuningan City.
“Dalam kegiatan ini WWF Indonesia juga akan meluncurkan versi baru website beliyangbaik.org,” ujar Lukas Adhyakso, Chief Operating Officer Yayasan WWF Indonesia.
Website versi baru ini diluncurkan melalui pameran yang dilakukan secara virtual dan non virtual, pada 20-24 April 2021.
Baca Juga: Percepat Pembangunan Berkelanjutan, Accelator Lab Indonesia Diresmikan
Yayasan WWF Indonesia mengajak para pelaku usaha dan juga para produsen di Indonesia untuk menampilkan berbagai inisiatif dan gagasan yang mencerminkan prinsip dan praktik konsumsi dan produksi berkelanjutan pada produk-produk yang dihasilkan.
Beli yang Baik Hybrid Expo dan website Beli Yang Baik merupakan bagian dari Kampanye Beli Yang Baik, yang sejalan dengan tuuan 12 sustainable development goals, yaitu pencapaian konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab.
Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui edukasi dan penyadartahuan mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan langsung pada konsumen.
Baca Juga: Rayakan Hari Air Sedunia 2021, Danone AQUA Tegaskan Komitmen Pengelolaan Konservasi
Beli yang Baik Sustainable and Consumption Expo dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan.
Seperti, pameran virtual dan non virtual, dialog multi pihak, talkshow dan workshop dengan para pakar dan pelaku usaha dan produksi keberlanjutan, aktivitas untuk anak-anak, dan juga hiburan ringan.
Baca Juga: Re.juve Cares, Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Lifestyle
Kampanye Beli Yang Baik mengusung 6 aksi Beli yang Baik untuk konsumsi bertanggung jawab, yaitu: Beli yang Perlu, Beli yang Lokal, Beli yang Alami, Beli yang Awet, Beli yang Ekolabel, dan Mau Dibawa Kemana (sampahnya).
Hal tersebut juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan tenant yang berpartisipasi pada expo ini.
Pameran diikuti oleh 95 tenant yang berpartisipasi secara virtual yang terbagi menjadi enam kategori yaitu makanan & minuman, busana & aksesoris, produk minim sampah, perawatan tubuh & kecantikan, toko ramah lingkungan, dan jasa ramah lingkungan.
Baca Juga: Super Indo Luncurkan Produk Ramah Lingkungan untuk Berbelanja
Selain pameran virtual, beberapa tenant hadir secara langsung di Kuningan City Ground Floor.
Kita dapat menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan melalui www.beliyangbaik.org.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)