Bagaimana Cara Isoman yang Aman dan Lengkap? Ini Saran Dokter

By Tentry Yudvi Dian Utami, Rabu, 21 Juli 2021 | 10:03 WIB
Ilustrasi pasien covid (istock)

NOVA.id - Penambahan kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat cepat.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 di Indonesia, total kasus COVID-19 sudah mencapai 2,726,803 jiwa per tanggal 14 Juli 2021.

Bahkan lebih memprihatinkan lagi, COVID-19 semakin banyak menginfeksi anak-anak. Jumlah kasus positif COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun di DKI Jakarta per tanggal 14 Juli lalu telah mencapai 86,516 orang, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI.

Di sisi lain, Bed Occupancy Rate (BOR) alias tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit di berbagai daerah mencapai 80-90%, bahkan beberapa di antaranya kelebihan kapasitas demi menampung pasien COVID-19 yang terus berdatangan tiada henti setiap harinya.

Dampak lanjutannya, masyarakat yang terinfeksi COVID-19 harus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing akibat kehabisan tempat isolasi di rumah sakit.

Karena itu, tindakan isolasi mandiri (isoman) bersama keluarga, termasuk dengan anak-anak menjadi salah satu pilihan yang ditempuh dalam situasi seperti ini.

Baca Juga: Positif Covid-19, Nafa Urbach Sempat Alami Sesak Napas karena Penyakit Ini

Melihat kondisi tersebut, Tokio Marine Life Insurance Indonesia selaku perusahaan asuransi jiwa yang sangat peduli dengan kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya di situasi darurat seperti sekarang ini, untuk membuat webinar bertajuk Program Freemium Isoman Aman dan Nyaman – Panduan Isolasi Mandiri Lengkap untuk Keluarga.

Pada Webinar yang digelar pada Jumat, 16 Juli 2021 ini, berbagai materi penting tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia dr. Daeng M. Faqih SH, MH dan Dokter Spesialis Anak RSIA Bunda Jakarta dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp. A, dengan moderator Head of Agency Training & Manpower Development PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Muhammad Irsan.

“Acara webinar hari ini juga merupakan rangkaian dari Program Freemium yang telah dijalankan sebelumnya antara lain dengan melaksanakan webinar untuk edukasi dan literasi hal-hal terkait pandemik, seperti pengelolaan kesehatan mental, perencanaan keuangan, gaya hidup dan imunitas, olahraga saat pendemi, dan sebagainya.

Sementara itu, terkait perlindungan COVID-19 untuk nasabah, Tokio Marine Life Insurance Indonesia juga telah memberikan penambahan manfaat santunan asuransi jiwa dan perluasan manfaat untuk pertanggungan isolasi mandiri tanpa mengenakan biaya tambahan sejak bulan April lalu,” Nelly Husnayati, Director of Agency Distribution PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia memberikan sambutannya ketika membuka acara webinar.

Seluruh rangkaian Program Freemium juga dilakukan untuk mendukung pelaksanakan program literasi dan inklusi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada masyarakat di tengah program vaksinasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah untuk percepatan terbentuknya herd immunity.

Baca Juga: Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Setelah Makan Daging, Coba 8 Buah ini