Strategi Jitu Jelita Cosmetics Dekat dengan Konsumen Sesuai Tren

By Dionysia Mayang Rintani, Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:15 WIB
Strategi Marketing Jitu dari Jelita Cosmetics (Jelita Cosmetics)

NOVA.id – Tren makeup terus berkembang dengan pesat.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi yang berbisnis di dunia kecantikan, seperti yang dialami oleh Michelle Valencia, pemilik jaringan toko Jelita Cosmetic yang berada di Yogyakarta dan Surabaya.

Dulu, konsumen cenderung kurang peduli terhadap efek samping produk kecantikan yang bermasalah. Sebaliknya, sekarang kosumen lebih cerdas dan selektif.

Baca Juga: Jaga Kecantikan Kulit Sekaligus Cegah Virus dengan Antiseptik Lotion

“Dulu, produk kecantikan yang diburu konsumen adalah asal ada whitening atau memutihkan. Tapi, sekarang konsumen generasi milenial lebih cerdas dan selektif memilih produk yang tepat. Jadi, selalu diperhatikan  apakah produk ini sudah ada izin BPOM, ingredient, atau bahan-bahannya apa saja, aman atau tidak untuk kesehatan, dan lainnya,” jelas Michelle.

Toko Jelita Cosmetic di Yogyakarta rata-rata dikunjungi pembeli dari kalangan anak muda dan produk-produk yang diminati adalah skincare dengan harga yang terjangkau oleh kantong para pelajar dan mahasiswa.

Sementara itu, Toko Jelita Cosmetic di Surabaya yang lebih awal berdiri lebih banyak didatangi para ibu atau pemilik salon.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Gramedia: Seni Berargumentasi, Bekal dari Cicero untuk Beradaptasi di Abad Ke-21

Pasalnya, toko ini lumayan besar dan melayani penjualan eceran serta grosir.

Produk yang lebih banyak diminati konsumen di Kota Pahlawan ini adalah makeup.

Michelle bercerita, Jelita Cosmetic di Surabaya dirintis oleh orangtuanya sejak 2005.

Waktu itu, dia sering membantu orangtuanya untuk mengelola usaha tersebut agar banyak pelanggannya. 

Baca Juga: Cerita Sukses Milenial, Jatu Barmawati Bangga Jadi Petani Perempuan

Namun, kegiatan itu sempat vakum tatkala dia melanjutkan kuliah.

Sekembalinya ke kampung halaman, wanita kelahiran 6 Januari 1994 ini kembali lagi membantu toko Jelita Cosmetic dari yang model konvensional diperbarui lebih modern.

Misalnya, diadakan mesin kasir, penataan produk lebih eyecatching dan menarik serta menerapkan strategi digital marketing.

Salah satunya dengan memasarkan produk secara online melalu Instagram, Facebook, WhatsApp, hingga bergabung dengan marketplace Shopee.

Baca Juga: Launching di Hari Tani, Dari Bumi Hadirkan Hasil Alam Berkualitas

Seiring berjalannya waktu, Michelle pun menikah dan kebetulan suaminya tinggal di Yogyakarta, sehingga dia pun mengikutinya.

Lalu, dia membuka cabang Toko Jelita Cosmetic di Yogyakarta tahun 2018 di Jalan Kaliurang KM 5 CT III, Sleman, Yogyakarta.

Strategi keberhasilan toko di Surabaya juga dia terapkan di Yogyakarta.

Bisa ditebak, perkembangan toko di sini juga maju, sehingga bisa mempekerjakan 12 karyawan tetap dan puluhan pegawai freelance.

Baca Juga: Kisah Febriana Intan, Mitra Kurir Perempuan Lazada Satu-satunya

Michelle mengklaim banyak keunggulan yang dimiliki oleh Jelita Cosmetic, meski persaingan di bisnis ini ketat dan kosumen online cenderung tidak loyal.

“Saya menggaransi produk-produk yang dijual Jelita Cosmetic baik di Surabaya, Yogyakarta, dan online adalah 100 asli dan berizin BPOM,” dia menegaskan.

Daya tarik lain adalah harga produk-produk yang dipasarkan Jelita Cosmetic di bawah pasaran.

Sebab, toko ini memiliki gudang memadai untuk menyimpan sekitar 10 ribu SKU produk dari ratusan brand impor dan lokal.

Baca Juga: Mengenal Faye Simanjuntak, Pendiri Rumah Faye yang Masuk Forbes

 

 

“Ibaratnya itu, Jelita jual produk eceran, tapi harganya grosir,” kata perempuan yang aktif juga di media sosial IG Live, Tik Tok dan Reels untuk me-review produk-produk kecantikan berkualitas yang dia rekomendasikan.

“Review produk kecantikan saya selalu jujur. Kalau produknya jelek, saya bilang jelek, tapi kalau bagus ya bilang bagus. Jadi, saya harus mencoba langsung ke wajah saya, barulah dilakukan review. Dan upaya ini membuat followers saya makin bertambah, karena mereka menyukai apa yang saya rekomendasikan apa adanya,” paparnya.

Saat ini Jelita Cosmetic menjual produk skincare seperti facial wash, serum, sunscreen, moisturizer, night cream, dan lainnya.

Baca Juga: Profil Qyara Maharani Putri, Pembawa Baki di Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Sedangkan produk makeup di antaranya foundation, bedak tabur, compact powder, lipstick, eye shadow, bulu mata palsu, dan masih banyak lagi.

Ada pula aksesoris kecantikan seperti jepit bulu mata, kuas bedak, spon bedak, sisir, bandana, jepit rambut, dan sebagainya.

“Untuk brand produk yang banyak dicari konsumen adalah Wardah, Somethinc, Emina, Implora, Make Over, serta produk kekinian lainnya. Tapi, kami juga akan meluncurkan produk skincare dengan brand sendiri Jelita pada akhir tahun 2021 ini,” Michelle menjelaskan.

Ke depannya, untuk pengembangan bisnis, Michelle akan fokus menggarap pasar online karena potensi dan prospek pasarnya glowing seperti hasil produk skincare.

Baca Juga: Profil Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Bendera Merah Putih pada Upacara Kemerdekaan

“Meski pandemi Covid-19 sekarang mulai menurun kasus Covid-19, tapi masyarakat masih banyak juga yang melakukan pembelian online. Terutama, konsumen dari luar kota,” ungkapnya.

Untuk itu, dia menekankan tiga strategi jitu yaitu review produk jujur, mengembangkan toko dan edukasi pasar kecantikan. 

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)