Bali Akan Kembali Dibuka untuk Turis Asing, Ini Persiapan yang Dilakukan

By Yussy Maulia, Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:55 WIB
Dalam Dialog Produktif yang digelar oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu (13/10/2021). (Tangkapan layar YouTube FMB9ID_IKP)

Nova.id - Pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah memutuskan untuk kembali membuka sektor pariwisata Bali untuk turis asing. Berbagai persiapan pun dilakukan agar kebijakan tersebut dapat berjalan optimal.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan, dibukanya kembali sektor pariwisata Bali untuk turus asing diharapkan dapat memulihkan perekonomian Bali yang sempat terhempas oleh pandemi Covid-19.

Hal itu ia sampaikan dalam Dalam Dialog Produktif yang digelar oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu (13/10/2021).

"Pariwisata adalah lokomotif perekonomian Bali, sehingga pembukaan Bali menjadi perhatian banyak pihak dan persiapan dilakukan dengan seksama," kata pria yang akrab disapa Cok Ace tersebut melalui keterangan resmi.

Baca Juga: Strategi Pengendalian Covid-19 di Indonesia Membuahkan Hasil Positif

Terkait persiapan, Cok Ace mengatakan saat ini sudah ada 35 hotel karantina yang sudah  siap beroperasi. Sementara itu, terdapat 55 hotel lain yang sedang mengajukan diri sebagai hotel karantina.

Sementara itu, untuk wilayah yang dapat dikunjungi turis, Cok Ace menyebut saat ini hampir seluruh wilayah Bali berada di zona aman, termasuk Ubud, Nusa Dua, dan Sanur.

Hal itu tak terlepas dari kolaborasi masyarakat yang baik dalam hal percepatan vaksin dan penerapan aplikasi PeduliLindungi di berbagai lokasi wisata.

“Kita berharap dapat memberikan ruang gerak lebih luas bagi wisatawan mancanegara yang sudah menyelesaikan karantina (selama) lima hari,” kata Cok Ace.

Cok Ace juga berharap, selama di Bali, para turis, baik domestik maupun mancanegara, menggunakan aplikasi PeduliLindungi secara optimal guna melihat wilayah yang aman untuk dikunjungi.

Baca Juga: Bali Jagadhita Culture Week 2021 Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Dalam kesempatan yang sama, dokter sekaligus influencer dan traveller Ratih C Sari mengingatkan agar turis yang berlibur di Bali harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.