Untuk Perokok Aktif, Kurangi Risiko Gangguan Kesehatan dengan Cara Ini

By Widyastuti, Minggu, 7 November 2021 | 23:55 WIB
ilustrasi berhenti merokok (freepik.com)

NOVA.id - Hidup sehat kini menjadi impian dan gaya hidup banyak orang. Mulai dari lebih sering melakukan olahraga, hingga mengurangi konsumsi makanan, minuman atau produk-produk yang memiliki risiko tinggi pada kesehatan.   Seperti halnya dilakukan oleh Septiyadi, karyawan salah satu perusahaan di Jakarta Selatan. Sejak menikah, ia mulai banyak melakukan olahraga.

Dengan usia yang belum 30 tahun tidak sulit bagi Septiyadi menekuni berbagai jenis olahraga. Namun yang sulit adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dia lakukan sejak lama. Demi berhenti merokok, Septiyadi akhirnya memutuskan untuk beralih ke produk tembakau alternatif. Keputusannya tersebut setelah memperoleh informasi bahwa produk-produk seperti produk tembakau yang dipanaskan maupun rokok elektrik, efektif dalam membantu untuk berhenti merokok dan memiliki profil risiko kesehatan lebih rendah dibandingkan rokok.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terkenal Sebagai Tukang Selingkuh, Adakah Punyamu?  “Saya sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mengalihkan perhatian agar tidak merokok tetapi belum berhasil. Setelah beralih ke produk tembakau alternatif, saya secara perlahan dapat mengurangi konsumsi rokok harian,” ucap Septiyadi.

Upaya demi mengurangi kebiasaan merokok juga dilakukan pasangan suami-istri dari Australia, Dylan dan Tash Barlow. Seperti Septiyadi, keduanya memilih produk tembakau alternatif untuk membantu mereka berhenti merokok.

“Begitu menggunakan vape, saya tidak membutuhkan rokok lagi. Kami masih memperoleh nikotin dan secara bertahap dapat menguranginya juga,” kata Tash seperti dikutip dari ABC.net. Sebelum beralih ke produk tembakau alternatif, Tash telah mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok.

Seperti kebanyakan orang lainnya, ia mengalihkan kebiasaan merokok dengan mengunyah permen maupun berolahraga. Namun belum berhasil dan hasrat untuk merokok selalu muncul.

Baca Juga: Kebiasaan di Ranjang yang Harus Ditinggalkan Jika Tak Ingin Wajah Keriput