Ajinomoto Beri Edukasi untuk Calon Pengusaha Kuliner untuk Kreasikan Produk Sehat

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 18 November 2021 | 08:31 WIB
Ajinomoto Beri Edukasi untuk Calon Pengusaha Kuliner untuk Kreasikan Produk Sehat (Ajinomoto Indonesia)

NOVA.id – Dukung calon pengusaha kuliner Indonesia menciptakan aneka kreasi produk sehat namun teatp bisa menguntungkan, PT Ajinomoto Indonesia bekerjasama dengan RR Event Planner menyelenggarakan webinar "Be a Healthy Food Business Owner".

Jumlah peserta webinar ini mencapai 426 peserta, dengan sebagian besar berprofesi sebagai mahasiswa-mahasiswi jurusan Tata Boga serta pengusaha kuliner di wilayah Bali & Bandung.

Hadir sebagai salah satu narasumber, Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si, pakar gizi sekaligus Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta yang mengatakan pencegahan terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Jeroan dengan Mudah, Cukup Pakai Bumbu Dapur Ini

“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan bumbu umami seperti MSG adalah solusinya. Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ungkap Khoirul.

"Jadi, bagi para pengusaha di bidang kuliner, baiknya memang mengikuti juga anjuran pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya. Kita bisa mengacu pada pedoman gizi seimbang dan menerapkannya," lanjutnya.

Horeka Dept PT Ajinomoto Indonesia juga membagikan tips-tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetap menerapkan pedoman gizi seimbang dan juga sangat profitable.

Baca Juga: Pentingnya Bumbu Umami Bagi Lansia untuk Tetap Sehat di Masa Pandemi