Ajinomoto Indonesia Luncurkan Produk Alternatif Nutrisi Pakan Ternak

By Dionysia Mayang Rintani, Rabu, 1 Desember 2021 | 11:33 WIB
Ajinomoto Indonesia Luncurkan Produk Alternatif Nutrisi Pakan Ternak (Ajinomoto Indonesia)

NOVA.id – Terus berinovasi dalam produknya, PT Ajinomoto Indonesia kini memanfaatkan sisa proses pembuatan Monosodium Glutamat (MSG) untuk menghasilkan produk-produk samping (by product) yang dapat digunakan kembali.

Salah satunya adalah membuat produk alternatif tambahan nutrisi pakan ternak, yaitu Fermented Mother Liquor (FML).

Produk ini merupakan bahan baku yang mengandung protein dan senyawa asam amino bebas tinggi untuk kemudian dicampurkan ke dalam pakan ternak.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Jeroan dengan Mudah, Cukup Pakai Bumbu Dapur Ini

“Aktivitas pengolahan produk samping (by product) sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, PT Ajinomoto Indonesia mulai melakukan pengolahan yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle,” jelas Yudho Koesbandryo, Factory Manager sekaligus Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

Yudho melanjutkan, “Seperti yang kita ketahui, bahan baku utama produksi MSG adalah gula yang difermentasi, yait  tetes tebu, tepung tapioca, dan lain sebagainya.”

“Dari proses produksi tersebut akan menghasilkan produk samping yang kemudian dapat diolah menjadi produk dan memiliki nilai jual (co product), dalam hal ini menghasilkan fermented mother liquor (FML),” jelasnya.

Baca Juga: Pentingnya Bumbu Umami Bagi Lansia untuk Tetap Sehat di Masa Pandemi