Kenali Kemampuan Diri, Begini Tips Dampingi Pasangan dengan Masalah Mental

By Dinni Kamilani, Jumat, 31 Desember 2021 | 21:02 WIB
(Ilustrasi) Dampingi Pasangan dengan Masalah Mental (fizkes)

NOVA.id - Punya pasangan dengan gangguan kesehatan mental atau jiwa tentu tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran hingga cara khusus untuk menghadapinya. Kalau tidak, bisa-bisa mental Anda juga ikut terganggu.

Umumnya orang yang memiliki masalah kesehatan mental akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Lantas hal apa saja, sih, yang harus dilakukan oleh kita sebagai pasangan? 

Baca Juga: Sambut Kehadiran Buah Hati, Banyak Pasangan Muda Kurang Persiapan Mental hingga Finansial

Terbuka

Pertama, harus terbuka sejak awal. Jangan ragu untuk membicarakan kesehatan mental Anda dan pasangan.

Lalu bagaimana agar pasangan mau terbuka soal kesehatan mentalnya? Tunjukkan sikap keterbukaan dan toleransi, bisa juga sesekali kita memberikan komentar atau menyuarakan isukesehatan mental.

“Sebaiknya masalah-masalah seperti ini dibicarakan sejak awal, kita enggak perlu menutupisesuatu apalagi yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental, karena bagaimanapun juga orang yang ada di sisi kita harapannya adalah orang yang ada seumur hidup kita. Kalau mereka enggak tahu kondisi kita bagaimana mereka bisa tahu sebenarnya mereka bisa sanggup atau tidak,” kata Alexandra Gabriella Adeline., M.Psi, C.Ht, C.Est, Psikolog Klinis dari Smart Mind CenterConsulting.

Baca Juga: Peduli Kesehatan di Masa Pandemi, Ralali.com Perluas Ekspansi Bisnis Industri Mi Instan Sehat Berkalori Rendah