Cerita Sukses Kata Oma: Dari Camilan Keluarga Kini Ekspor ke 6 Negara

By Dinni Kamilani, Senin, 31 Januari 2022 | 11:34 WIB
Bisnis Telur Gabus Kata Oma (instagram @kataomaid)

NOVA.id - Bagi Anda pecinta camilan lokal pasti sudah enggak asing lagi dengan telur gabus. Ya, kudapan yang satu ini biasanya enggak pernah absen dalam acaraacara keluarga di Indonesia.

Siapa yang menyangka dari camilan keluarga ini, bisa jadi ide bisnis yang sukses. Bahkan, jadi sumber penghasilan utama keluarga.

Hal inilah yang dilakukan Furiyanti, owner dari camilan telur gabus Kata Oma, yang pernah dinobatkan sebagai The Best UMKM 2020 dalam pameran industri kreatif UMKM Expo yang diselenggarakan oleh Bank BRI.

Seperti kisah sukses lainya, Kata Oma juga punya ceritanya sendiri sebelum akhirnya kini sukses memasarkan produknya di seluruh Indonesia, hingga mancanegara. Kepada NOVA Furiyanti pun membagikan kisahnya.

Banjir Orderan

“Awalnya, telur gabus ini camilan keluarga, jadi yang membuat adalah mami saya. Tidakada kepikiran kita untuk berbisnis.

Seorang ibu dan juga oma yang sudah 60 tahun saat itu hanya berpikir bagaimana bisa membuatcamilan yang enak dan nutrisinya bagus untuk anak cucunya, jadi semua higienis bikin sendiri,” kenangnya.

Baca Juga: Dari Startup Digital hingga Bisnis Ramah Lingkungan, Ini Ide Berbisnis di Tahun 2022 Jebolan DSC12  

Hingga di tahun 2016, ia dan sang kakak membawa kudapan tersebut kepada temantemankampus dan kantornya.

Ternyata mendapatkan respons yang positif, dan memintanya untuk menerima pesanan.Setelah dipaksa oleh sang anak, akhirnya mulailah ibunda memproduksi telur gabusuntuk dijual.

Namun, tentu saja bukan hal yang mudah untuk memenuhi pesanan yang semakin hari semakinbertambah.

Pasalnya, tidak seperti saat memakannya, pembuatan telur gabus ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak singkat. Setiap lintingan telur gabus dibuat secara manual satu per satu-satu.