14 Ciri Orang Depresi yang Harus Diwaspadai, Simak Gejalanya di Sini

By Presi, Rabu, 23 Februari 2022 | 17:32 WIB
Ilustrasi ciri depresi, tanda depresi, gejala depresi (interstid)

NOVA.id - Model Ayu Aulia dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat karena ia ditemukan di apartemennya dalam kondisi berlumuran darah di bagian lengan.

Kapolsek Setiabudi Kompol Beddy Suwendi mengatakan, Ayu Aulia diduga mengalami depresi sehingga memutuskan untuk mencoba mengakhiri hidupnya.

"Penyebab atau motif (percobaan bunuh diri) karena stres. Itu berdasarkan keterangan korban. Alhamdulillah dia tertolong dan masih sadar di IGD," ujar Beddy, Rabu (23/02).

Berkaca dari kejadian itu, kita bisa menyadari bahwa depresi bisa menyerang siapa saja dan bisa menyebabkan hal yang berbahaya.

Oleh sebab itu, kita perlu tahu tanda atau ciri depresi agar kita bisa mengetahui kondisi orang lain ataupun diri kita sendiri.

Dilansir dari Healthline, jika kita atau orang lain menderita depresi, mungkin sering mengalami beberapa tanda depresi berikut:

1. Kesedihan

Gejala depresi yang paling umum adalah perasaan sedih atau hampa yang berlangsung lebih dari dua minggu. Gejala ini bisa disebut sebagai perasaan "keputusasaan."

Mereka mungkin merasa seolah-olah hidup tidak akan menjadi lebih baik dan tingkat kesedihan yang intens ini akan berlangsung selamanya.

Baca Juga: Apa Itu Skizofrenia? Penyakit Mental yang Pernah Diidap Novi Amelia

Jika perasaan ini berlangsung lebih dari dua tahun, itu dikenal sebagai distimia. Ini adalah jenis depresi kronis di mana suasana hati seseorang secara konsisten rendah.

2. Ketidakberhargaan