Menurut Dokter Obgyn, Begini Cara Menghilangkan Nyeri Haid yang Tepat

By Presi, Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:02 WIB
Ilustrasi cara menghilangkan nyeri haid menurut dokter (Shutterstock)

NOVA.id - Cara menghilangkan nyeri haid perlu kita ketahui agar saat menstruasi kita bisa menjalani kehidupan dengan nyaman.

Beruntung, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Bocah Indonesia, dr. Febriyan Nicolas K, Sp.OG, M.Kes punya beberapa cara menghilangkan nyeri haid yang benar.

Namun, sebelum mengetahui cara menghilangkan nyeri haid, lebih baik pahami dulu alasan nyeri tersebut bisa muncul.

Penyebab Nyeri Haid

Nico mengatakan, nyeri haid yang normal bisa terjadi karena adanya kontraksi yang menyebabkan kurangnya aliran darah ke rahim.

"Nyeri haid yang normal sebenenanya terjadi karena kontaksi rahim, kemudian terjadi proses iskemia karena pembuluh darah rahim itu melewati sela-sela otot rahim sehingga pada saat dia berkontraksi maka aliran darah akan berkurang ke rahim," jelas Nico, melansir Youtube NOVA.

Selain itu, nyeri saat menstruasi juga dipengaruhi oleh prostaglandin.

"Setiap orang punya kadar prostagladin yang berbeda sehingga rangsang nyeri pada setiap orang akan berbeda-beda juga dirasakan ketika haid," tambahnya.

Namun, nyeri haid juga disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi tertentu, seperti endometriosis, denomiosis, miom, polip, maupun infeksi.

Selain itu, Nico juga mengatakan stenosis serviks juga bisa menyebabkan nyeri haid.

"Mulut rahim itu membuka, kali ini mulut rahimnya menutup sehingga darah terkumpul di dalam rongga rahim dan menyebabkan kontraksi yang lebih keras lagi dan nyeri," tambah Nico.

Baca Juga: Ini Tanda Siklus Menstruasi Tidak Normal, Kenali Juga Bahayanya