Memang Menggiurkan, Tapi Hati-Hati Belanja dengan Buy Now Pay Later: Untung atau Buntung?

By Dr. Agus Sugiarto, Rabu, 8 Februari 2023 | 13:50 WIB
Ilustrasi menggunakan paylater (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Sahabat NOVA, kemajuan teknologi digital telah mengubah banyak sekali aktivitas kehidupan manusia, mulai dari hal-hal yang sederhana sampai ke hal-hal yang sulit dan komplek.

Teknologi dgital mampu menyederhanakan prosedur yang rumit menjadi lebih ringkas, sehingga memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai transaksi bisnis.

Selain itu, kehadiran teknologi digital juga telah mempercepat akses komunikasi maupun pengiriman data untuk berbagai keperluan.

Kemudahan tersebut mendorong manusia menciptakan berbagai inovasi baru yang terkait dengan proses bisnis maupun model bisnis.

Salah satunya adalah dengan adanya kemudahan dan kecepatan dalam berbelanja melalui pasar online yang ditawarkan oleh berbagai e-commerce.

Hadirnya teknologi digital tersebut membuat masyarakat semakin menyukai berbelanja secara online melalui berbagai aplikasi digital.

Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi sebuah budaya baru bagi masyarakat, yang diikuti dengan berbagai penawaran menarik dan kemudahan pembayaran.

Salah satu kemudahan yang diperoleh konsumen dalam berbelanja online adalah dengan fasilitas mencicil atau membayar di kemudian hari.

Kita bisa melihat saat ini banyak sekali aplikasi belanja online yang memberikan kemudahan dalam hal pembayaran.

Konsumen dimanjakan dengan fasilitas tersebut, sehingga tidak perlu khawatir kalau tidak memiliki uang yang cukup guna membeli barang.

Banyak sekali e-commerce yang menawarkan pembayaran barang di belakang hari, seperti Shopee, GoPay, Kredivo, Traveloka, Akulaku, Home Credit dan lain-lain.

Artinya, masyarakat bisa membeli dan mengambil barang sekarang, namun bayarnya bisa di kemudian hari.