Hubungan Intim untuk Penderita Endometriosis: 7 Cara agar Nyaman dan Tidak Menyakitkan

By Alsabrina, Sabtu, 25 Februari 2023 | 21:00 WIB
Cara agar hubungan intim untuk penderita endometriosis terasa nyaman adalah berbicara dengan pasangan soal kondisi tubuh (chee gin tan)

NOVA.id - Hubungan intim untuk penderita endometriosis memang harus diperhatikan agar tidak terjadi rasa sakit yang luar biasa.

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim.

Hal tersebut tentu membuat penderitanya mengalami gejala yang tidak nyaman, salah satunya adalah terasa lebih sakit saat melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Bagaimana efeknya terhadap kehidupan seksual penderita endometriosis?

Seperti yang diketahui, rasa sakit atau merasakan nyeri selama dan/atau setelah hubungan intim menjadi gejala umum penderita endometriosis.

Pertumbuhan jaringan di luar rahim tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan, terutama selama ovulasi dan menstruasi.

"Ketika area di belakang serviks meradang, penetrasi dalam selama berhubungan intim bisa menyakitkan," kata Dr. Karli Goldstein, MD, seorang ahli bedah ginekologi di Seckin Endometriosis Center di New York City dan seorang ahli bedah konsultasi di Yayasan Endometriosis Amerika, yang juga memiliki endometriosis sendiri.

"Jika seks dikaitkan dengan rasa sakit, seorang wanita mungkin semakin ingin menghindarinya," tambahnya lagi.

Setiap perempuan dengan endometriosis memiliki gejalanya tersendiri, namun berikut ini tips hubungan intim untuk penderita endometriosis agar terasa nyaman dan tidak menyakitkan.

1. Mencari pengobatan untuk endometriosis

Langkah pertama agar hubungan intim untuk penderita endometriosis terasa nyaman adalah mencai perawatan efektif.

Baca Juga: Lakukan Hubungan Intim Ditemani Alunan Musik Ternyata Bisa Bikin Makin Bergairah, Ini Kata Ahli