Catat! Ini Nutrisi Wajib untuk Persiapan Kehamilan Agar Bayi dan Ibu Sehat

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 21:05 WIB
2 Nutrisi wajib untuk ibu pesiapan kehamilan (DeanDrobot)

NOVA.ID – Tahukah Sahabat NOVA bahwa hampir 300.000 perempuan meninggal selama dan setelah kehamilan dan persalinan pada tahun 2017?

Juga sekitar 5 juta anak balita meninggal setiap tahun?

Untuk itu penting untuk menyediakan pemeriksaan antenatal berkualitas tinggi dan teratur selama kehamilan.

Pasalnya akan menentukan status kesehatan ibu hamil dan anak-anak.

Termasuk mempersiapkan kehamilan dengan nutrisi yang tepat.

Asal tahu saja, pentingnya nutrisi dalam persiapan kehamilan sangatlah signifikan, karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu sebelum dan selama kehamilan memiliki dampak langsung terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang membantu mempersiapkan tubuh ibu untuk menghadapi perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan, termasuk peningkatan kebutuhan energi, zat gizi, dan vitamin.

Nutrisi yang tepat juga berperan dalam pembentukan organ dan sistem penting pada janin, seperti otak, jantung, dan sistem saraf.

Hal ini pun dibahas dalam gelaran Seminar dan Bazar Kesehatan RS Premier Jatinegara, demi mendukung kesadaran kesehatan ibu dan anak selama masa persiapan kehamilan.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah RI yang memprioritaskan ketersediaan layanan esensial bagi ibu dan anak, RSPJ juga menyadari pentingnya untuk selalu meningkatkan kesadaran kesehatan ibu dan anak.

Tujuannya agar masyarakat semakin waspada dan memiliki pengetahuan yang tepat mengenai bagaimana memberikan penanganan pertama jika untuk mempersiapkan kehamilan, ketika hamil, dan bahkan paska kehamilan serta kesehatan anak.

Seminar dan Bazar Kesehatan RS Premiere Jatinegara (RSPJ)