Waspada Wabah Pneumonia Misterius Menyebar, Dokter Himbau Masyarakat Indonesia Lakukan PHBS

By Rahma, Senin, 4 Desember 2023 | 17:02 WIB
Pneumonia pada anak (Freepik)

NOVA.ID - Kasus pneumonia misterius anak di China saat ini tengah menjadi perhatian di seluruh dunia.

Pneumonia misterius pada anak di China ini berawal pada tanggal 13 November silam.

Saat itu, Komisi Kesehatan Nasional China mengumumkan peningkatan penyakit pernapasan.

Menghadapi kondisi tersebut, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengambil langkah cepat dengan menerbitkan surat edaran kewaspadaan terkait wabah pneumonia misterius yang terjadi di China.

Surat edaran ini ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi, kepala dinas kesehatan kabupaten/kota, direktur/kepala rumah sakit, kepala kantor kesehatan pelabuhan dan kepala puskesmas di Indonesia.

Surat edaran ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran pneumonia di Indonesia.

Melansir Kompas.com, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), dr. Astari Pranindya Sari mengimbau masyarakat untuk tidak panik.

Namun masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan akan potensi penularan penyakit ini.

Hingga saat ini belum ada kesimpulan secara pasti penyebab dari radang paru-paru atau pneumonia yang menjangkit anak-anak di China.

Disinyalir penyebab peningkatan kasus ini kemungkinan dari virus influenza, Rhino Syncytial Virus (RSV), Mycoplasama pneumoniae, atau hal baru lain yang belum diketahui.

"Penyebabnya belum bisa disimpulkan dan masih dilakukan penelusuran," kata Astari Pranindya Sari seperti dikutip dari laman UGM, Senin (04/12).

Baca Juga: Penyakit Pneumonia Misterius Serang Anak-anak di China, Segera Kenali Apa Itu Pneumonia dan Gejalanya pada Anak