6 Ramuan Sederhana dari Rempah untuk Kebugaran

By nova.id, Selasa, 23 September 2014 | 14:14 WIB
6 Ramuan Sederhana dari Rempah untuk Kebugaran (nova.id)

TabloidNova.com - Merasa tubuh telah terlalu banyak "tercemar" beragam kandungan kimia dari obat-obatan? Kini saatnya kembali memberikan asupan dari alam, berupa ramuan sederhana dari rempah-rempah hasil bumi Indonesia.

Pasalnya selain aman bagi tubuh, ramuan ini nyaris tak memiliki efek samping karena diproses secara alami. Berikut ramuan sederhana dari rempah yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Teh PahitMinum teh pahit mampu membuat badan senantiasa langsing namun juga padat berisi. Ambil daun teh dalam jumlah yang cukup banyak, lalu seduh dengan air panas dan diamkan. Hasil seduhan ini akan menghasilkan teh yang terasa pahit sekali.

Agar tetap nyaman dinikmati, ambil satu buah jeruk nipis, peras, dan masukkan pada seduhan teh pahit. Konsumsi sebanyak setengah gelas pada pagi hari, lalu masukkan setengah gelas sisanya ke dalam lemari pendingin untuk dikonsumsi sore hari. Imbangi dengan olahraga seminggu tiga kali dan minum air putih, ya.

Kunyit AsemMinuman tradisional berupa kunyit asem memiliki begitu banyak manfaat, antara lain untuk menangani menstruasi yang tidak teratur dan memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh tetap segar dan siap beraktivitas meski Anda sedang dalam siklus haid. Meskipun ramuan kunyit instan dalam kemasan sudah banyak dijual di pasaran, tidak ada salahnya, lo, menyempatkan diri membuatnya sendiri untuk menjamin kealamiannya.

Caranya, campurkan ¼ kg asam Jawa, ¼ kunyit segar, dan gula Jawa secukupnya. Potong kecil-kecil, beri 1 liter air dan sedikit garam. Jangan lupa, kunyit harus dicuci bersih terlebih dahulu baru dipotong dan ditumbuk. Minum satu gelas per hari dan rasakan khasiatnya.

JaheJahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumput berbatang yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa macam ramuan dari jahe dapat menyembuhkan rematik, gangguan masuk angin, dan sakit kepala. Caranya mudah saja, jahe cukup dicuci bersih dan direbus dengan air dan sedikit gula aren. Tak perlu khawatir, di samping khasiatnya, minuman jahe pun sangat nikmat jika disajikan selagi hangat.

KencurKencur berkhasiat untuk menghilangkan banyak keluhan kesehatan dan kecantikan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, coba memarkan kencur dan seduh dengan air hangat, lalu beri satu sendok teh tepung beras dan gula. Minum sebanyak tiga kali sehari.

Di samping itu, manfaat kencur juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Caranya, seduh kencur, temulawak, jinten, dan gula aren, lalu saring. Beri sedikit perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

Daun SirihTanaman merambat yang terkenal ini memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Daun sirih merah, bisa bermanfaat untuk kecantikan.

Cukup direbus sebanyak tiga atau lima lembar hingga mendidih, lalu minum setiap hari secara rutin agar kecantikan yang Anda miliki senantiasa terjaga dan terlindungi. Pasalnya, kandungan dalam daun sirih bisa membunuh sel-sel jahat dalam tubuh sehingga kulit tetap cantik, kencang, dan awet muda.