Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah Anda

By nova.id, Selasa, 16 September 2014 | 08:08 WIB
Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah Anda (nova.id)

TabloidNova.com - Berolahraga sudah seharusnya menjadi bagian dari keseharian seluruh manusia di dunia ini. Tapi ternyata, dari sekian jenis cabang olahraga yang ditekuni banyak orang, tak semua mengetahui bahwa jenis olahraga yang tepat bisa ditentukan dari golongan darah seseorang. Artinya, olahrga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan DNA seseorang.

Baru-baru ini, tren olahraga sesuai golongan darah atau yang akrab dikenal dengan The Blood Type Workout mulai ramai dibicarakan banyak orang. Program olahraga ini menjanjikan hasil yang cepat dan tahan lama karena telah melaui serangkaian penelitian sesuai golongan darah seseorang.

(Baca juga: Olahraga Terbaik Sesuai Tipe Tubuh Menurut Ayurveda)

"Golongan darah adalah jejak genetis yang sangat kuat. Dan ternyata ada hubungan dan reaksi kimia antara makanan yang Anda kosumsi, jenis olahraga, dan golongan darah," ungkap Joseph Christiano, seorang dokter ahli yang juga penulis buku Blood Types, Body Types, and You.

Lantas, bagaimana menentukan jenis olahraga sesuai golongan darah yang tepat? Berikut paparan dari Joseph Christiano:

Golongan Darah O

Kebiasaan mereka yang bergolongan darah O hampir mirip dengan manusia gua zaman dahulu yang menghabiskan waktu mereka memburu makanan dan membela diri dari predator. Karena itu, olahraga yang tepat adalah olahraga yang membutuhkan tenaga dan bersifat atletis. Rutinlah berolahraga yang intens seperti berlari dan plyometrik. Bagi mereka yang bergolongan darah O, olahraga digunakan sebagai media untuk berekspresi, lebih dari golongan darah lain. Olahraga dapat mengatasi stres dan membangkitkan mood.

(Baca juga: Mitos dan Fakta: Olahraga Malam Bikin Lapar?)

Golongan Darah A

Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah Anda (nova.id)
Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah Anda (nova.id)

"Gerakan tai chi yang bertempo lambat sangat baik bagi Si A "