4 Kata Ajaib

By nova.id, Minggu, 31 Maret 2013 | 02:57 WIB
4 Kata Ajaib (nova.id)

4 Kata Ajaib (nova.id)
4 Kata Ajaib (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Apakah selama ini buah hati hanya diajarkan berhitung dan membaca? Sebaiknya, Anda tak lupa mengajarkan kiat bersosialiasi. Salah satunya adalah sopan santun yang bermula dari empat kata sakti yang terdengar sederhana tapi berguna di setiap situasi. Kata-kata tersebut adalah "terima kasih", "maaf", "permisi", dan "tolong".

"Pada dasarnya, kan, segala perilaku yang baik seyogianya diajarkan sejak dini. Jadi sikap santun, termasuk mengucapkan empat kata tersebut, sebaiknya dibiasakan bahkan sejak buah hati belum dapat bicara," urai Katarina Ira Puspita, M.Psi, psikolog anak dan remaja dari PT Kasandra Persona Prawacana.

Contoh Konkret

Membiasakan buah hati menggunakan empat kata tersebut tentu harus diawali contoh konkret dari orangtua. Apalagi anak-anak adalah pencontoh yang baik.

"Pengulangan dari kegiatan yang ia saksikan biasanya membekas dengan mudah. Sehingga apabila ia sudah terbiasa mendengar dan menyaksikan sendiri, diharapkan akan lebih mudah untuk mengajarinya," urai Katarina.

Maka, coba selipkan empat kata ajaib tadi, bahkan sejak ia belum fasih berbicara. Ucapkan maaf jika tanpa sengaja Anda menggosok badannya terlalu keras ketika mandi, serta ucapkan tolong apabila Anda menghendaki ia melakukan sesuatu.

"Bila ia telanjur beranjak besar, khawatirnya kebiasaannya sudah terpola, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk membiasakannya," ucap Katarina. Ia menambahkan, anak yang tidak terbiasa belajar empat kata ini akan tumbuh menjadi sosok yang kurang peka.

"Ketika kecil, orang akan menganggapnya biasa saja. Tapi, ketika lingkungan pergaulannya sudah lebih luas, ia bisa menjadi sosok yang bossy karena menyuruh temannya secara tidak sopan atau dianggap tidak bisa menghargai orang," papar Katarina.

Sesuai Kondisi

Empat kata ajaib ini tentu akan kehilangan nilainya apabila diucapkan di saat yang tak tepat. Maka, selain memberi contoh dan meminta buah hati mengucapkannya, beri penjelasan masing-masing ungkapan dengan disertai contoh situasi.