Sehat Itu Mudah

By nova.id, Jumat, 15 Maret 2013 | 06:00 WIB
Sehat Itu Mudah (nova.id)

Sehat Itu Mudah (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Rambut

Air panas dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak. Maka, biasakan menggunakan air dingin untuk membersihkan rambut atau saat membilas rambut. Tujuannya, agar kelembapan rambut terjaga.

Otak

Teka-teki, permainan, dan kegiatan yang menstimulasi otak dapat bermanfaat untuk penderita Alzheimer derajat ringan hingga sedang. Dalam penelitian yang melibatkan 718 pasien Alzheimer, kegiatan ini dapat menstimulasi memori dan daya pikir.

Mata

Bintitan adalah peradangan di kelenjar lemak di bawah bulu mata. Bintitan timbul ketika muara kelenjar tersumbat kotoran seperti debu atau make-up. Untuk pertolongan pertama, kompres mata dengan handuk hangat sambil memijat ringan bagian mata.

Telinga

Jangan membersihkan telinga dengan cotton bud terlalu dalam karena bisa mendorong masuk kotoran. Toh, gerakan rahang, seperti mengunyah, akan membantu kotoran keluar dari liang telinga. Jadi, cukup bersihkan kotoran telinga di daun telinga dan bagian luar liang telinga.

Hidung

Sekitar 80 persen batuk pilek disebabkan virus. Maka, jaga daya tahan tubuh dengan tidur sebanyak 6 - 8 jam sehari. Hindari pula penyebaran virus dengan rajin mencuci tangan memakai sabun setiap kali Anda dari tempat umum dan gunakan masker saat sakit.

Gigi