14 Penyebab Kelelahan & Cara Mengatasinya (2)

By nova.id, Kamis, 14 Maret 2013 | 07:23 WIB
14 Penyebab Kelelahan Cara Mengatasinya 2 (nova.id)

14 Penyebab Kelelahan Cara Mengatasinya 2 (nova.id)

"Foto: Dok. NOVA "

8. ISK Tersembunyi

Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin akrab dengan rasa sakit terbakar dan rasa urgensi. Karena infeksi kadang sukar diketahui, biasanya salah satu tandanya adalah kelelahan. Lakukan tes urin untuk mengecek ISK. Atasi: Obati dengan antibiotika. Biasanya setelah itu, kelelahan akan hilang dalam waktu seminggu.

9 . Diabetes

Pada orang dengan diabetes, tingkat abnormal tinggi gula tetap berada dalam aliran darah bukannya memasuki sel-sel tubuh, di mana itu akan diubah menjadi energi. Jika Anda tidak melakukan banyak aktivitas tapi tetap merasa sangat lelah, tanyakan kepada dokter untuk uji diabetes. Atasi: Pengobatan diabetes untuk membantu memroses gula adalah dengan mengubah gaya hidup seperti diet dan olahraga, terapi insulin, dan obat-obatan.

10 . Dehidrasi 

Kelelahan bisa menjadi tanda dehidrasi. Bekerja di lapangan atau belakang meja, tubuh tetap membutuhkan air. Atasi: Minumlah air sepanjang hari sehingga urin Anda berwarna terang. Minumlah minimal dua gelas air satu jam atau lebih sebelum aktivitas fisik. Setelahnya, lakukan hal ini setiap dua jam sekali.

11 . Penyakit Jantung

Ketika kelelahan menyerang selama Anda menjalani aktivitas sehari-hari, bisa jadi itu tanda bahwa ada masalah dengan jantung Anda. Atasi: Perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan prosedur terapi untuk mengembalikan energi Anda dan mengontrol kondisi jantung Anda.

12. Shift Kerja

Bekerja malam atau berputar shift dapat mengganggu jam internal Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika Anda harus terjaga. Dan Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari. Atasi: Batasi aktivitas Anda di siang hari. Buatlah kamar menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Jika Anda masih mengalami masalah tidur, bicarakan dengan dokter. Suplemen dan obat-obatan juga dapat membantu.

13 . Alergi Makanan