Oh No! Berat Badan Naik Tiba-Tiba (1)

By nova.id, Selasa, 11 Januari 2011 | 17:03 WIB
Oh No! Berat Badan Naik Tiba Tiba 1 (nova.id)

Oh No! Berat Badan Naik Tiba Tiba 1 (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadilah "

Pola makan seimbang sudah dipenuhi, tapi berat badan justru semakin bertambah naik. Anda jangan panik apalagi mengurangi porsi makan dengan drastis.

Lebih baik ikuti penjelasan Dr. Bahdar T. Johan, Sp .PD., dari RS Premier Bintaro mengenai beberapa faktor yang dapat menyebabkan berat badan naik tiba-tiba.

Cushing Syndrome 

Mungkin Anda asing dengan istilah cushing syndrome. Sederhananya sindrom ini ditandai dengan stres.

Jika dilihat dari penyebabnya, sindrom ini disebabkan gangguan kortisol yang terlalu tinggi. Padahal kortisol merupakan hormon stres tubuh yang utama. Pada saat stres, kadar kortisol dapat meningkat dan jika kondisi ini berlangsung lama, hormon ini akan bertambah dan merajai tubuh.

Jika ini terjadi, maka pengolahan lemak, protein, dan karbohidrat pun terhambat. Akibatnya, kenaikan berat badan pun tak terhindarkan. Yang aneh, lemak dalam tubuh terakumulasi hanya di daerah wajah, perut dan pundak. Sedangkan daerah tangan dan kaki justru langsung atau cenderung lebih kurus dari biasanya.

Solusinya? Tentu saja menjauhkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres.

Hipertiroid 

 Hipertiroid merupakan ketidakseimbangan metabolik akibat produksi kelenjar tiroid (penghasil hormon yang mengatur metabolisme) dalam tubuh secara berlebihan. Kaum wanita harus lebih waspada. Pasalnya, hipertiroid lebih sering terjadi pada wanita, daripada lelaki.

Secara medis, kondisi ini memperlambat metabolisme dan mengganggu aktivitas pencairan lemak dalam tubuh. Akibatnya, lemak menumpuk dan obesitas pun tak dapat dihindari.

Untuk mencegahnya, sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, juga asupan antitiroid. Karena, dua unsur ini membantu kelancaran sekresi hormon peningkat kekebalan tubuh, serta membersihkan racun di ginjal yang menghambat keseimbangan hormon tiroid dalam darah, lho.