Ih, Pelitnya .............

By nova.id, Rabu, 17 Februari 2010 | 17:03 WIB
Ih Pelitnya (nova.id)

Ih Pelitnya (nova.id)

"Iman Dharma/nakita "

Malu. Itu yang mungkin Anda rasakan kala si kecil begitu pelitnya, tak mau meminjamkan mainannya kepada anak tetangga waktu mereka bermain bersama.

"Tak usah malu. Ini sesuatu yang normal, kok. Dan itu biasa terjadi pada anak-anak usia 2-5 tahun," tutur Drs. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, dekan Fak. Psi. Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Pada usia ini, menurut Monty, "Ego anak mulai tumbuh. Ia mencoba mengenali dirinya sendiri dan ingin memiliki identitas diri. Mencoba menjadi berbeda dengan orang lain." Jadi, terang Monty, di saat egonya tengah tumbuh dan tiba-tiba harus berbagi (misal, ia punya mainan favorit), tentu saja ia keberatan. "Di sisi lain, karena ia masih kecil, cara yang paling sederhana dalam mengaktualisasi dirinya adalah dengan menyatakan, mainan itu miliknya," urai Monty.

Anehnya, pada sejumlah anak, mereka justru mau berbagi terhadap orang yang usianya lebih tua. Entah itu tantenya atau kakeknya. Hal yang tak ia lakukan pada teman sebayanya. "Itu karena adanya perasan kompetisi kelompok. Ia merasa senasib, seusia dengan si teman. Jadi, kenapa si teman harus lebih dari dirinya? Mengapa ia harus bagi? Justru di sini ia merasa harus berkompetisi," jelas Monty. Sedangkan tante atau kakeknya bukan termasuk dalam kelompoknya, sehingga ia tak melihat adanya kebutuhan untuk berkompetisi.

INGIN DITERIMA