Inilah Toko Buku Terindah di Dunia (2)

By nova.id, Kamis, 24 Juli 2014 | 08:49 WIB
Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 2 (nova.id)

Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 2 (nova.id)

"Toko buku Assouline di Venesia, Italia (ASSOULINE) "

Bagi penggemar sejati buku, toko buku diibaratkan sebagai nirwana yang menyimpan ratusan bahkan ribuan buku yang sangat indah. Meski keberadaannya semakin sedikit, tapi beberapa toko buku di penjuru dunia ini membuktikan, teknologi secanggih apapun tidak bisa menggantikan wujud buku yang sesungguhnya.

Berikut kami paparkan beberapa toko buku terindah di dunia yang rasanya harus dikunjungi oleh para penggemar buku:

Librairie Avant-Garde (Nanjing, China)Ini adalah toko buku paling indah di seluruh China yang berlokasi di bekas lahan parkir bawah tanah, yang tadinya pernah digunakan sebagai tempat pengungsian warga di zaman peperangan. Tak hanya sebagai toko buku, toko ini juga berfungsi sebagai perpustakaan umum yang menyediakan lebih dari 300 kursi untuk membaca. Kata sang pemilik, fasilitas tersebut sengaja disediakan untuk membantu banyak orang membangun mimpi mereka lewat buku. Toko ini berlokasi di 173 Guangzhou Lu di samping Stadion Wutaishan, Guloe District, Nanjing.

Assouline Venezia (Venesia, Italy)Toko ini terletak di lantai dasar Bauer Hotel, sebuah gedung bersejarah yang dibangun di abad 18. Koleksi yang dimiliki toko ini memang tergolong buku mewah dan mahal berharga tinggi. Bahkan ada buku yang dihargai dari Rp 5,9 juta hingga Rp 87 juta. Koleksi dari banyak genre buku pun terdapat di toko ini, mulai dari arsitektur hingga fesyen. Toko buku ini beralamat di Bauer Hotel, San Marco, Venesia, Italia.

Livraria Lello (Porto, Portugal)Gedung toko yang sangat indah ini pertama kali dibangun oleh insyinyur kenamaan bernama Xavie Esteves di tahun 1906. Seratus tahun setelahnya, toko buku ini termasuk salah satu toko buku terindah secara arsitektur karena menggabungkan beberapa elemen bangunan yang cantik seperti kaca dan kayu. Toko ini beralamat di Rua das Carmelitas 144, Porto, Portugal.

Boekhandel Dominicanen (Maastricht, Belanda)Dibangun sejak abad ke-13, tadinya gedung ini difungsikan sebagai gereja bagi kaum Dominikan. Barulah di tahun 2006 dialihfungsikan menjadi toko buku. Tapi sebelumnya, banyak fungsi lain yang dijalankan oleh gedung toko buku ini seperti markas orkestra musik hingga tempat penampungan anak dan domba. Selain menyajikan koleksi hampir 40 ribu buku, toko ini juga memiliki kafe cantik di salah satu sudutnya di Dominicanerkerkstraat 1, Maastricht, Belanda.

John K. King Used & Rare Books (Detroit, Michigan, Amerika Serikat)Dibuka padai tahun 1965, toko ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda mampir di kota Detroit. Toko ini mengambil alih sebuah gedung pabrik sarung tangan, dan memiliki nyaris sejuta koleksi buku dan 900 kategori buku. Toko buku ini terdapat di W. Lafayette Blvd., Detroir, Michigan, Amerika Serikat.

Yetta AngelinaFOTO: ASSOULINE