Mentega atau Margarin, Mana yang Lebih Sehat Untuk Tubuh?

By nova.id, Sabtu, 16 Januari 2016 | 07:15 WIB
Mentega atau Margarin, Mana yang Lebih Sehat (nova.id)

Masih banyak masyarakat awam yang belum tahu perbedaaan antara mentega atau margarin. Selain itu, banyak juga dari mereka yang belum tahu mana yang lebih sehat antara mentega atau margarin.

Mentega adalah produk susu yang dibuat dengan cara memisahkan komponen yang bersifat padat  dari komponen yang bersifat cair.

Umumnya, mentega digunakan untuk memasak atau membuat roti. Sedangkan margarin, dikembangkan sebagai pengganti mentega, terbuat dari minyak nabati seperti minyak canola, minyak  sawit dan minyak kedelai.

Baca:

Pada pembuatan margarin, ditambahkan juga garam dan bahan-bahan lain seperti maltodekstrin, lesitin kedelai dan mono atau digliserida.

Kadang, ada juga margarin yang memakai tambahan jenis minyak lain seperti minyak zaitun, minyak biji rami dan minyak ikan. Semua bahan-bahan ini berfungsi untuk menjaga rasa dan tekstur margarin agar dapat diterima oleh konsumen.

Beberapa jenis margarin dibuat khusus untuk penambah rasa (dengan cara dipercikkan pada masakan), dan tidak boleh digunakan untuk memanggang atau memasak.

Baca halaman selanjutnya