7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Cara Mudah Deteksinya

By , Senin, 22 Februari 2016 | 07:56 WIB
Ini dia 7 tanda tubuh kekurangan vitamin, kemungkinan Anda sering mengalami. (Nova)

Tahukah Anda bahwa tanda tubuh kekurangan vitamin bisa berupa keluhan seperti wajah tiba-tiba berjerawat, mudah lelah, hingga kaki atau tangan sering kram?

Asupan vitamin memiliki peran yang sangat penting pada kehidupan. Selain itu, kandungan vitamin juga bisa menentukan bagaimana kondisi tubuh kita di hari tersebut.

Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi buah dan sayur sangat penting ketimbang memperbanyakan makan makanan olahan. Semakin banyak Anda mengonsumsi buah dan sayur, maka tubuh pun akan terasa lebih segar.

Pasalnya, kekurangan vitamin dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan Anda secara drastis, terlebih bila Anda mengabaikan asupan nutrisi penting bagi tubuh.

Meski tersedia sejumlah suplemen yang diklaim bisa memenuhi angka kecukupan vitamin dalam tubuh, para pakar kesehatan tetap merekomendasikan memenuhi asupan vitamin melalui makanan alias bahan alami.

BACA: Lihatlah Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Susu, dan Tepung pada Wajah Anda!

Nah, apa saja tanda tubuh kekurangan vitamin dan bagaimana cara memenuhinya? Ini dia keluhan yang bisa jadi sering Anda alami dan ternyata merupakan tanda tubuh kekurangan vitamin, seperti disarikan dari BOLDSKY.

1. Bibir Pecah-Pecah

Tahukah Anda, bibir pecah-pecah adalah tanda tubuh kekurangan vitamin B, zat besi, dan seng (zinc).

Untuk mengobati bibir pecah-pecah akibat kekurangan vitamin tersebut, konsumsi lebih banyak telur, ikan, kacang-kacangan, brokoli, kubis, polong-polongan, tomat, dan cabai merah.

2. Rambut Rontok dan Ruam alias Bintik Merah pada Kulit

Ternyata, penyebab ruam merah pada kulit dan rambut rontok adalah tanda tubuh kekurangan vitamin K, E, D, B7, dan A.

Bisa jadi, bintik merah juga pertanda tubuh kekurangan seng. Makanlah avokad, buah-buahan kering, pisang, jamur, biji labu, gandum, dan raspberi.