7 Makanan yang Kurangi Nyeri Jelang Datang Bulan

By , Kamis, 3 Maret 2016 | 04:30 WIB
Sayuran berdaun hijau tua adalah salah satu makanan yang bisa kurangi nyeri PMS. (Nova)

Nyeri jelang datang bulan memang mengganggu. Benarkah ada makanan yang mampu kurangi nyeri jelang datang bulan?

Perlu diketahui, Pramenstrual Syndrome alias PMS bisa membuat tubuh merasa sakit kepala, keram, dan kembung. Bahkan pada sebagian perempuan, sakit di perut dan tulang belakang terasa sangat intens.

Banyak hal yang bisa membuat PMS terasa menyakitkan, salah satunya ketika tubuh kekurangan magnesium. Menurut National Institutes of Health, rata-rata manusia mengalami tak memenuhi kebutuhan mineral tubuhnya. Dan, mayoritas orang juga tidak menyerap magnesium secara maksimal.

“Padahal, magnesium sangat penting selama perempuan haid karena ketika hormon estrogen dan progesteron meningkat, maka magnesium pun akan berkurang,” kata nutrisionis Kelly LeVeque.

BACA: Kenali Perubahan Tubuh Selama 4 Fase Menstruasi

Ia menambahkan, kurangnya kadar magnesium dalam tubuh bisa membuat potensi migrain dan keluhan PMS seperti kembung, pusing, lemas, dan dehidrasi meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, ini dia rekomendasi LeVeque tentang makanan yang kurangi nyeri jelang datang bulan, seperti yang disampaikan pada SELF.

1. Sayuran Berdaun Hijau Tua

Selain meningkatkan imunitas, sayuran berdaun hijau tua juga kaya akan magnesium. “Dari bayam hingga daun kale, sayuran dengan daun hijau tua adalah superfoods yang paling mudah didapat untuk memenuhi kadar magnesium di tubuh.”

Satu cangkir bayam, tambahnya, mengandung hingga 150mg magnesium!

2. Ikan

Menurut LeVeque, Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan juga mengandung begitu banyak magnesium. "Mackerel dan tuna adalah pilihan yang baik, tapi salmon adalah yang terbaik," katanya.