6 Fakta Tentang Rasa Sakit Saat Melahirkan

By nova.id, Selasa, 15 Maret 2016 | 06:45 WIB
Bagaimana rasa sakit saat melahirkan? (nova.id)

Rasa sakit saat melahirkan seringkali menjadi pertanyaan para ibu yang hendak melahirkan pertama kali. Sebenarnya, seberapa besar rasa sakit melahirkan? Apakah ada cara lain agar melahirkan tidak sakit?

Nah, untuk Anda yang akan melahirkan pertama kali, ini dia fakta yang mempengaruhi rasa sakit saat melahirkan.

BACA: 10 Cara Mengatasi Rasa Takut melahirkan

1. Kontraksi Rahim

Rasa sakit saat melahirkan datang dari kontraksi rahim. Rahim merupakan organ yang memiliki otot dan bekerja sangat kuat untuk mengeluarkan janin. Banyak pula faktor yang memengaruhi seberapa besarnya nyeri, seperti ukuran bayi dan panggul Sang Ibu.

Kontraksi rahim itulah yang memengaruhi seluruh perut bahkan seluruh tubuh yang sakitnya seperti tekanan pada punggung, kantung kemih, hingga usus.

2. Toleransi Rasa Sakit

Selain itu, pengalaman akan rasa sakit juga ikut memengaruhi. Ketika ibu terbiasa dengan rasa sakit, proses melahirkan bukanlah hal yang terlalu sulit.

Selain itu, perasaan seperti khawatir dan ketakutan juga ikut memengaruhi rasa sakit saat melahirkan. Itu sebabnya, rasa sakit ini sebenarnya punya kadar berbeda setiap orang. Jika ibu tidak biasa dengan rasa sakit, alangkah baiknya mempersiapkan diri seperti minta pendampingan lebih dari pihak rumah sakit atau orang-orang sekitar.

3. Sakit Saat Melahirkan Selama 8 Jam

Saat melahirkan, terdapat tahap-tahap sakit menjelang melahirkan yang memiliki kadar berbeda-beda.

Dimulai dari 8 jam sebelum melahirkan. Pada tahap ini rahim ibu akan membuka 3 – 4 cm. Pada saat ini terjadi kontraksi sekitar 1 menit setiap rentang waktu 20 – 30 menit. Seiiring berjalan waktu, kontraksi jadi lebih sering dan lama.

Hingga menjelang dua jam sebelum melahirkan, rahim Mama membesar hingga 7 cm. Pada saat ini, banyak dokter yang memberikan pereda rasa nyeri.