Mengenal Marinasi, Cara Merendam Daging Sebelum Diolah Agar Lebih Kaya Rasa

By nova.id, Minggu, 2 April 2017 | 01:00 WIB
Marinasi daging (nova.id)

Agar sajian lauk lebih kaya rasa dan lezat, sebelum diolah marinasi terlebih dahulu dengan bumbu favorit Anda.

Marinasi adalah proses perendaman daging di dalam marinate, sebelum diolah lebih lanjut.  Marinate adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk, biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging.

Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing. Pemilihan marinate karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat.    

Pada awalnya, marinasi dilakukan untuk mengawetkan ikan. Ikan direndam dalam marinate sederhana berupa larutan garam, untuk memperpanjang umur simpannya sekaligus menghasilkan rasa unik yang berbeda dengan ikan asalnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara marinasi daging yang benar, antara lain:

BACA: 3 Cara Mencairkan Daging Beku Dari Freezer

1. Jangan marinate dengan saus yang terbuat dari gula, madu, atau segala sesuatu yang manis. Gula membuat sisi luar dari makanan menjadi gosong sebelum bagian dalamnya benar-benar matang.

2. Gunakan saus manis hanya untuk siram atau dipercikkan ke makanan yang di-grill pada lima menit sebelum makanan selesai di-grill. Waktu ini sudah cukup menambah bumbu tanpa membuat makanan gosong.

3. Sebelum memasukkan daging atau ikan ke dalam campuran marinate, sisihkan sebagian marinate sehingga Anda bisa menyapukannya ke daging atau ikan ketika di-grill atau menyajikan bahan yang di-grill dengan disirami bumbu marinate itu lagi.

BACA: Mana Bagian Daging Kambing yang Enak Dimasak? 

4. Saat merendam dengan campuran marinate, selalu gunakan wadah kaca, keramik atau stainless steel. Hindari wadah aluminium karena bisa beraksi dengan asam di dalam marinate dan membuat makanan berbau logam. Atau, gunakan kantong plastik yang bisa ditutup sehingga Anda tak perlu mencuci wadah lagi.

5. Makanan yang direndam harus sering-sering dibalik. Makanan tak perlu harus tenggelam sampai seluruhnya. Yang penting harus terlapisi dengan baik.