Investasi Masa Depan, Ini Untungnya Membesarkan Anak dengan Dua Bahasa

By nova.id, Kamis, 11 Agustus 2016 | 10:45 WIB
Trik Bicara Dengan Bayi (nova.id)

Banyak mitos berseliweran soal efek negatif membesarkan anak dengan bilingual (lebih dari satu bahasa). Ada yang mengatakan, itu bisa membuat anak bingung memilih kosa kata hingga anak alami keterlambatan bicara.

Namun, nyatanya tetap banyak keluarga Indonesia yang menerapkan dua bahasa dalam percakapan sehari-hari di tengah keluarga. Termasuk dengan anak-anak mereka. Melihat anak sudah pintar berbahasa asing sejak dini, tak jarang orangtua merasa bangga, bukan?

Dilansir dari HelloSehat, sebenarnya, ada untungnya membesarkan anak dengan dua bahasa. Selain membangun kekuatan otak, bayi berusia 6 bulan yang mengerti dua bahasa kemungkinan memiliki kemampuan belajar dan ingatan yang lebih baik daripada yang hanya mengerti satu bahasa.

Baca: Inilah 5 Mitos Membesarkan Anak dengan Bilingual

Jadi, asal tahu cara menyeimbangkannya dengan bahasa ibu, Anda tetap bisa, kok, bijak menerapkan 7 cara ini untuk melatih anak terbiasa memahami 2 bahasa. Apa saja?

1. Hindari bahasa bayi

Satu tahun pertama dalam hidup bayi adalah masa terpenting untuk membangun pondasi bahasa. Timpali celotehan bayi Anda dengan kata-kata dan obrolan betulan, bukan bahasa bayi yang terdengar cadel atau lucu. Makin banyak bahasa yang mereka dengar, makin berkembang bagian otak tersebut untuk fasih menguasai bahasa.

Kenapa? Sebab seiring usia, adaptasi anak pada suara dan bahasa akan makin menurun. Itu sebabnya, ada anggapan lebih sulit mengajarkan bahasa lain pada anak-anak SD dibandingkan anak-anak usia preschool atau balita.

2. Nyanyi, baca, dan main

Ciptakan aktivitas menyenangkan untuk Si Kecil. Penuhi rumah denan musik, obrolan, kegiatan menyanyi, membaca buku. Jika kata-kata dihubungkan dengan melodi seperti lagu, anak akan lebih mudah mengingatnya.

Dan, memang benar saran orangtua zaman dahulu agar ibu lebih 'cerewet' menghadapi bayinya. Sebab ia akan lebih mudah menyerap kata-kata atau lagu dengan ekspresi atau cara yang menyenangkan. Begitu pula ketika Si Kecil bertambah besar, perluas aktivitas dengan kegiatan seni seperti menari, kaligrafi, dan sebagainya.

Baca: Panduan Perkembangan Bicara Anak Usia Batita (0 - 3 Tahun)