Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Terjangkit Virus Zika

By nova.id, Kamis, 1 September 2016 | 02:30 WIB
Luiza lahir dengan kondisi microchepaly. Saat hamil Luiza, sang ibu terkena virus Zika. Namun, belum ada kepastian apakah virus Zika penyebab kondisi sang anak. (nova.id)

Komplikasi kesehatan akibat infeksi virus Zika terus bertambah. Menurut laporan terbaru dari Brasil, bayi yang lahir dari ibu terinfeksi Zika bisa mengalami gangguan pendengaran.

Para ilmuwan masih di tahap awal dalam memahami efek Zika secara menyeluruh. Virus ini sudah diketahui menyebabkan cacat lahir mikrosefali. Beberapa studi lain menunjukkan komplikasi kerusakan otak serius dan gangguan penglihatan.

Baca: Waspada Virus Zika, Ditularkan Nyamuk dan Bahaya untuk Ibu Hamil!

Studi terbaru yang dipublikasikan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menunjukkan, dari 70 anak yang menderita mikrosefali terkait Zika, empat diantaranya mengalami kerusakan pendengaran.

Baca: Lakukan Pencegahan dan Deteksi Virus Zika dengan Cara Ini

Terganggunya pendengaran tersebut disebabkan karena kerusakan telinga bagian dalam atau kerusakan saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Akibatnya adalah gangguan pendengaran permanen.

Baca: 8 Cara Mencegah Penularan Virus Zika

Memang ada cacat lahir lain yang juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi ini adalah pertama kali ditemukan pada bayi mikrosefali akibat Zika.

Kompas Health