Tips Agar Warna Kentang Tidak Berubah Cokelat Setelah Dikupas

By nova.id, Rabu, 14 Juni 2017 | 23:30 WIB
Tips Agar Warna Kentang Tidak Berubah Cokelat Setelah Dikupas (nova.id)

Seperti buah apel, kentang yang sudah dikupas akan berubah warna menjadi kecokelatan ketika dibiarkan terbuka di dalam suhu ruang. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas enzim peroksidase dan katalase di dalam kentang yang bereaksi dengan oksigen. Proses reaksi ini namanya browning enzimatic. Untuk mencegah agar warna kentang tidak berubah cokelat setelah dikupas, lakukan cara di bawah ini:

Air Lemon Air lemon mengandung pH rendah, serta sering digunakan untuk pencegah terjadinya pencokelatan. Tidak hanya pada apel, air perasan lemon juga dapat digunakan untuk mencegah pencokelatan pada kentang yang sudah dikupas.

Setelah kentang dikupas dan dipotong, masukkan kentang ke dalam campuran ¾ cangkir air perasan lemon dan 1 cangkir air. Tiriskan sebelum kentang dimasak. Penggunaan air perasan jeruk lemon pasti akan mempengaruhi rasa kentang dan masakan, menjadi sedikit asam.

Baca: Kupas Tuntas Tips Praktis Cara Hemat di Dapur

Air Dingin Cukup dengan air dingin, Anda dapat mencegah proses pencokelatan pada kentang yang sudah dikupas. Air dingin dengan suhu di bawah 4 derajat Celsius dapat memperlambat aktivitas enzimatik, dan juga adanya batas ketersediaan oksigen di dalam air yang dapat mencegah terjadinya pencokelatan.

Cukup letakkan kentang yang sudah dikupas dan dipotong ke dalam air dingin. Tiriskan saat kentang akan dimasak. Tidak seperti air perasan lemon, air dingin tidak akan menambah atau mempengaruhi rasa kentang dan masakan.

Baca: Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-hari

Suhu Panas Suhu panas akan menghancurkan enzim yang menyebabkan pencokelatan. Suhu panas bisa didapat dengan cara merebus kentang. Kentang yang sudah dikupas dan dipotong bisa langsung direbus.

Kentang direbus saat air masih belum mendidih, dan angkat ketika air mendidih. Kurang lebih setelah 2-3 menit. Saat air rebusan kentang dibuang, jangan lupa langsung masukkan kentang ke dalam air es. Air es akan menghentikan proses memasak kentang, dan mencegah tekstur kentang terlalu lembek. Tiriskan kentang sesaat akan dimasak.

Dahrani Putri/TabloidNOVA