3 Jenis Hotel Paling Dicari di Indonesia

By Ade Ryani HMK, Minggu, 23 April 2017 | 05:15 WIB
Ada tiga jenis hotel yang paling diminati wisatawan Indonesia (Ade Ryani HMK)

Merencanakan liburan adalah hal yang menyenangkan. Dan tempat menginap tentu menjadi salah satu kebutuhan penting saat berpergian baik didalam maupun luar negeri.

Bentuk dan harganya pun beragam. Anda akan disuguhi ribuan pilihan di banyak situs online travel agent (OTA). Bisa berupa hotel, apartemen, guest house hingga rumah yang dipinjamkan pemiliknya pada orang asing secara gratis (yang bisa didapat melalui komunitas coach surfing).

Dengan kemudahan tersebut, tingkat okupansi hotel pun terus meningkat. Di Indonesia, angka permintaan ini dibuktikan dengan pesatnya pertumbuhan hotel-hotel baru di banyak kota besar.

Baca: Tips Liburan Akhir Tahun yang Murah Meriah

Hal ini pun dibenarkan oleh Nitha Sudewo, Direktur Online Services Mister Aladin.

Menurutnya, dalam setahun belakangan tren yang terlihat, “Pesanan hotel sekitar 60 persen didominasi area domestik. Kota-kota favorit ada Bali, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta. Kalau luar negeri, banyak pelanggan memilih Singapura dan Kuala Lumpur,” ujarnya saat ditemui di acara Mister Aladin Travel Fair di Mal Kota Kasablanka.

Di luar kebutuhan wisata, situs yang baru diluncurkan 2015 silam ini juga membaca kebutuhan para pebisnis. “Dalam waktu setahun, kami membaca kecenderungan perilaku konsumen yang lebih suka memesan hotel secara mendadak. Biasanya mereka adalah pebisnis.”

Itu sebabnya, para pemain travel online agent lokal turut menghadirkan fitur pilihan hotel yang bisa dipesan untuk menginap di hari yang sama. Yang makin menarik, selain prosesnya cepat dan mudah, hotel-hotel tersebut sering memberikan harga yang lebih murah, bahkan hingga 80 persen!

Baca: Sisa Cuti Habis? Liburan Murah Ala One Day Trip Saja...

Dari jumlah hotel yang ada di Indonesia, lalu mana yang paling diminati wisatawan Indonesia?

Nitha berujar, “Paling diminati budget hotel yang terjangkau. Ini biasanya dipilih wisatawan yang cari tempat menginap untuk istirahat, artinya lebih banyak kegiatan di luar hotel.”

Kedua, mereka juga mencari hotel yang ramah untuk keluarga. Tentu saja, bila Anda berpergian bersama keluarga, hotel yang diinapi harus nyaman untuk mereka. Terlebih jika buah hati ikut serta. Semakin banyak pertimbangan untuk memilih jenis hotel yang di lokasi tujuan.

Baca: 7 Pertimbangan dalam Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Ketiga, hotel yang sedang hip dan mewah. Pengalaman menginap di tempat-tempat unik menjadi unsur kesenangan bagi wisatawan tertentu. Hotel di kategori ini tergolong tak biasa. “Seperti boutique hotel dan unik ternyata cukup diminati. Meski transaksi tidak sebanyak budget dan family hotel, tapi nilai nominalnya besar.”

Baca: Mengubah Kamar Tidur Layaknya Boutique Hotel

Terkait tiga kategori hotel tadi, ada banyak pertimbangan Mister Aladin untuk menyeleksi jenis-jenis hotel yang ada.

“Rata-rata nilai transaksi berkisar 1,2 juta per malam. Jadi, kami makin menyeleksi hotel yang ditawarkan. Kalau terlalu banyak pilihan, sayang juga karena belum tentu hotelnya dibeli pelanggan,” kata Nitha menyebutkan hotel di negara-negara ASEAN, Hong Kong, dan Jepang juga makin banyak diminati.

Baca: Menyiapkan Dana Liburan Keluarga

Dalam pembelian hotel, wisatawan Indonesia biasanya sudah memiliki pertimbangan khusus soal waktu menginap. Itu sebabnya, tingkat refund (meng-cancel pemesanan hotel) terbilang rendah, tak sampai 10 persen.

“Biasanya user sudah pasti beli karena tahu harga hotelnya lebih murah. Meski nanti ada refund, melalui layanan personal travel assistant bisa dibantu dengan pengembalian dana maksimal 3-5 hari kerja.”

Nitha pun membocorkan tips agar makin banyak wisatawan berkesempatan mendapatkan promo terbaik untuk hotel-hotel incaran mereka.

1. Download Aplikasi

Selain rajin membuka situs untuk mengetahui promo terbaru, biasanya banyak travel online agent yang memberi diskon lebih besar jika memesan lewat aplikasi dengan kode promosi tertentu.

Baca: Cara Mendapatkan Hotel Murah Saat Berlibur

2. Follow Social Media

Jangan lupa ikuti semua media sosial situs favoritmu untuk mengetahui promo terbaik atau kuis berhadiah menarik. Biasanya informasi tersebut selalu di-update. Misalnya, diskon hotel di hari atau jam-jam tertentu dalam minggu berjalan.

3. Hindari Long Weekend

Untuk menekan budget berlibur, ada baiknya Anda menghindari high season atau long weekend. “Harga cenderung murah jika di weekend biasa. Atau bisa juga mengikuti paket tur yang sudah komplit semuanya. Jadi lebih murah.”