Terapi 7 Warna Berikut Dipercaya Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

By nova.id, Senin, 12 Desember 2016 | 03:45 WIB
Terapi 7 warna berikut dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit (nova.id)

Apa warna favorit Anda? Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan psikiater untuk mengerti dan menentukan karakter seseorang berdasarkan warna kesukaan. Jawabannya tentu dapat bervariasi tergantung masing-masing individu dan terkait dengan kesehatan serta kesejahteraan.

Jika Anda sedang mengalami beberapa gangguan fisik dan emosi, serta perlu menyeimbangkan sistem chakra atau pusat energi alami tubuh, chromotherapy atau terapi warna dapat menjadi salah satu metode penyembuh.

Warna dikatakan dapat mempengaruhi mood, karena warna memiliki panjang gelombang dan energi tertentu.

Tapi, bagaimana cara kerja terapi warna?

Ribuan tahun lalu, budaya kuno di Mesir, China dan India, membangun ruangan besar di mana pasien dimandikan dengan cahaya yang disaring melalui beberapa panel atau jendela kaca yang berwarna. Hal tersebut dipercaya dapat memulihkan tubuh yang lelah dan memiliki penyakit.

Sekarang, metode tersebut masih ada untuk menyembuhkan orang dewasa serta anak-anak dengan kesulitan membaca.

Dokter mempercayai bahwa warna membantu menyesuaikan emosi, fisik, dan mental. Ahli terapi warna modern sering mengombinasikan metode ini dengan teknik lainnya, seperti aromaterapi, kristal, pijat, yoga, dan lain-lain.

Nah, sebagai penambah wawasan, berikut ini adalah klasifikasi warna yang dapat meringankan stress dan penyakit seperti yang dilansir dari HelloSehat.

Merah

Merah adalah simbol dari api, kemarahan, dan cinta. Merah menstimulasi akar chakra, pada dasar tulang belakang. Warna merah menyebabkan hemoglobin bertambah, baik untuk penderita anemia serta kondisi yang berhubungan dengan darah.

Jangan mengatasi kanker dengan warna merah karena warna ini dapat menstimulasi pertumbuhan sel.

Baca: Bentuk Bekas Lipstik Tunjukkan Kepribadian Anda

Jingga

Warna jingga menstimulasi chakra sakral, merupakan simbol keberuntungan. Jingga menstimulasi kreativitas dan antusiasme. Jingga mempengaruhi sistem pencernaan, meningkatkan aktivitas tiroid, dan meringankan kram serta kejang otot.

Kuning

Warna kuning memperkuat saraf dan pikiran. Kuning bekerja pada kondisi lambung, hati, diabetes, dan membantu memperbaiki jaringan luka.

Hijau

Dikenal sebagai warna alam. Warna hijau menstimulasi chakra jantung, dan juga digunakan untuk menyembuhkan kondisi seperti demam, flu, maag, meningkatkan visualisasi, memperkuat sistem imun serta membentuk otot, tulang dan sel.

Baca: Warna Pakaian Dalam Menunjukkan Gaya Anda Bercinta

Biru

Terkait dengan chakra tenggorokan. Merupakan simbol sejuk dan menenangkan. Warna biru dapat membantu mengatasi demam, sakit kepala, tekanan darah tinggi, asma, serta meredakan peradangan (anti gatal, anti stress).

Indigo

Warna ini membantu mengatasi gangguan mental, serta menstimulasi brow chakra yang mengatur persepsi fisik dan spiritual.

Ungu

Warna meditasi, memperlambat jantung yang overaktif, menstimulasi imunitas, menyembuhkan insomnia, dan membantu detoksifikasi.