13 Tips Praktis yang Bantu Anda Makin Mudah Saat Memasak

By nova.id, Sabtu, 29 April 2017 | 23:30 WIB
Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-hari. (nova.id)

Agar kegiatan memasak dan menyajikan makanan lezat untuk keluarga semakin mudah dan menyenangkan, ketahui 13 tips praktis saat memasak berikut, yuk!

Menyusun Menu

Ini menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memasak, karena akan memudahkan Anda dalam belanja bahan makanan. Dengan menyusun menu Anda dapat mengontrol belanja sesuai kebutuhan.

Daftar Belanja

Sesuai dengan menu yang telah Anda buat, Anda akan mudah membuat daftar belanja. Bahkan jika Anda sudah terbiasa, maka Anda dapat membuat kalkulasi pengeluaran dalam seminggu.

Kelompokan Bahan Makanan

Segera kelompokkan masing-masing bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Kemudian kupas, cuci di bawah air mengalir, dan potong-potong sesuai dengan kebutuhan.

Kemas dan Simpan

Kemas bahan makanan dan simpan bahan makanan dalam freezer. Jangan lupa cantumkan label tanggal Anda berbelanja. Cara ini akan menjaga kualitas bahan makanan hingga saat akan dimasak kembali.

Peralatan Masak

Ini pun perlu disiapkan untuk memudahkan proses memasak. Peralatan memasak yang digunakan harus disesuaikan dengan masakan yang akan Anda buat. Ada beberapa peralatan yang selalu digunakan dan Anda harus memastikan kondisi peralatan tersebut dapat digunakan dengan baik, seperti pisau, talenan, kompor, panci, sutil, dan lain-lain.

Jangan lupa menyatukan setiap bagian alat masak yang digunakan. Misalnya akan menggunakan blender, siapkan mangkuk, tutup, dan mesin blender, sehingga saat akan digunakan Anda tidak perlu mencarinya lagi.