5 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Mau Mulai Berbisnis

By , Kamis, 18 Mei 2017 | 05:15 WIB
Berikan pelayanan terbaik dengan berinteraksi pada pelanggan (Nova)

Siapapun bisa berbisnis. Terutama bagi mereka yang jeli menangkap peluang pasar, dikombinasikan dengan kebutuhan konsumen, dan menjaga kelangsungan bisnis dengan baik. Itu sebabnya modal besar tak melulu jadi jaminan kesuksesan sebuah usaha.

Namun, ada yang bilang bisnis itu sulit. Apalagi bagi para pemula yang masih 'hijau' di dunia usaha. Modal pas-pasan serta rasa tak percaya diri alias takut gagal akhirnya menjadi penghalang untuk memulainya.

Padahal, pemikiran dan rasa pesimis seperti tadi justru tak boleh dimiliki bagi pebisnis. Kebanyakan berpikir dan pertimbangan malah membuat bisnis yang semestinya sudah berjalan malah jadi mandek (jalan ditempat).

Jadi, sebenarnya, langkah apa yang tepat untuk dilakukan pemula yang mau menjajal dunia bisnis?

Ferry Dafira selaku perwakilan dari Karamel Juice Group mencoba berbagi tips untuk Sahabat NOVA. Menurutnya, ada 5 sikap yang harus dimiliki bagi pebisnis pemula agar usaha berjalan lancar. Apa saja?

1. Berani ambil risiko

Seorang pembisnis harus berani mengambil keputusan. "Karena kalau enggak berani ngambil risiko, ujung-ujungnya bisnis akan enggak jalan, atau malah enggak jadi," ujar Ferry saat ditemui di peluncuran KINCIR Mall Artha Gading, Selasa (24/1/2017).

Baca: Sebelum Buka Warung, Pastikan Bisnis Kuliner Anda Punya Prospek

2. Kuat mental

Dalam berbisnis tentu akan selalu ada yang namanya tantangan. "Setiap menghadapi tantangan jangan gampang nyerah. Kalau soal karyawan bermasalah, pengunjung sepi, dagangan belum laku, itu hal biasa dalam bisnis. Harus siap menghadapi," kata Ferry lagi.

3. Kreatif

Kreativitas dalam bisnis amat diperlukan untuk menarik perhatian pembeli. Kalau konsepnya sama dengan yang lain atau biasa saja, tentu mereka tak akan berpaling. Kreativitas pun bisa dikombinasikan dalam banyak aspek.

"Misalnya, karena interior ruangan bagus buat foto-foto, bentuk daftar menu yang tidak biasa, penyajian dengan alat makan yang unik. Kan, sekarang trennya orang lebih (suka) visual. Sekarang kita bisnis enggak bisa cuma mengandalkan rasa, tapi harus kreatif."

Ucapan Ferry ini tentu berdasarkan keinginan konsumen yang cepat berubah. Dalam hal kuliner, mereka tak cuma ingin menikmati makanan enak dengan harga yang masuk akal. Tapi, juga mendapat pengalaman yang lebih ketika mengunjungi sebuah tempat makan. Contohnya, mereka pasti akan senang 'selfie' dan men-share fotonya di sosial media.

Ujung-ujungnya kreativitas ini jadi peluang untuk promo gratis, bukan?

Baca: Langkah Mudah Membuat Surat Izin Usaha Melalui PTSP

4. Gaul

Mau bisnis cepat berkembang dan dikenal luas? Bergaul, yuk!

Buka jaringan untuk networking dan terus bersosialisasi. Selain dari kalangan bisnis, jangan lupakan kedekatan dengan para karyawan yang juga penting. Peran mereka tak bisa dianggap remeh, lo. 

Karena mereka yang berhadapan langsung dengan konsumen, para karyawan terlatih akan mudah menangkap respons atau keinginan pelanggan, menyampaikan idenya, dan tentu saja terlibat aktif menjaga bisnis agar berjalan lancar.

"(Cara itu) Agar karyawan bisa loyal ke kita. Selain itu, bergaul juga sama yang punya tempat (jika menyewa), lalu sama kecamatan, kepolisian, keamanan, itu sangat penting. Tujuannya kalau ada apa-apa bisa diinfo ke kita sebagai pemilik usaha."

Baca: Ternyata, Peluang Usaha Kuliner Jepang Masih Sangat Besar

5. Rendah hati

Sikap sombong hanya membuat bisnis dan relasi dengan orang lain tak bertahan lama. Memang, sih, Anda bisa saja menjadi bos, tapi menurut Ferry, "Kalau enggak bisa berbaur dan humble, enggak dapat simpati dari orang lain. Pemimpin itu justru harus ngelayanin bukan nyuruh-nyuruh, jadi harus dilakukan. Baru nanti dicontoh sama karyawan."

Jadi, jika pemilik usaha ingin menerapkan aturan datang tepat waktu, mulailah dari dirinya sendiri. Begitu juga dalam melayani pelanggan, terjun langsung memberi contoh bisa menjadi langkah yang baik agar karyawan pun ikut termotivasi.

Nah, itu tadi 5 sikap yang harus dimiliki bagi Sahabat NOVA yang mulai tertarik berbisnis. Selamat mencobanya, ya!