5 Cara Merawat Kecantikan Saat Hamil

By , Selasa, 31 Januari 2017 | 04:45 WIB
Kenapa wajah Ibu hamil lebih glowing? (Nova)

Saat hamil ada saja masalah yang timbul pada kulit wajah dan tubuh. Biasanya masalah-masalah ini muncul ketika kehamilan di atas tiga bulan pertama. Masalahnya pun beragam, ada kulit wajah menjadi kusam, leher menghitam, timbul biang keringat di leher, dan sebagainya.

Dr. Rachel Djuanda SpKK dari RSU Bunda Jakarta pun berbagi tips, bagaimana merawat kecantikan meski sedang hamil.

1. Bahagia

Perempuan hamil harus bahagia. Dengan begitu hormon endorfin yang mampu menghasilkan rasa bahagia mampu memancarkan efek glowing atau berseri-seri pada wajah.

Baca: Calon Ibu Jangan Sepelekan Gusi Berdarah Saat Hamil, Ini Bahayanya

2. Tetap ingin merawat diri

Banyak orang berpikir segala perubahan fisik dan sikap pada perempuan hamil harus dimaklumi. Seperti malas merawat wajah dan tubuh. Nah, sikap inilah yang harus dihilangkan. Agar dalam keadaan hamil wajah tetap cantik, lakukan perawatan ringan setiap harinya dengan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil.

Misalnya pelembap dan sunblock.

Baca: Cara Memilih dan Mengoleskan Lotion untuk Mengatasi Stretchmark Saat Hamil

3. Cuci muka setiap hari

Saat hamil, bukan berarti tak perlu bersih-bersih. Bahkan, merawat wajah dengan cuci muka teratur harus dilakukan agar tidak menimbulkan efek masalah pada wajah.

4. Gunakan moisturizer

Gunakan moisturizer setiap hari, hal ini mampu mengurangi stretchmark pada kulit yang mulai melebar di masa kehamilan.

Baca: Alasan Mengapa Wajah Ibu Hamil Tampak Lebih Cerah dan Bersinar

5. Konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup saat hamil sangat penting. Selain baik untuk tubuh, konsumsi air juga baik untuk janin.

Baca: Kulit Leher Menghitam Saat Hamil Bukan Karena 'Bawaan Bayi', Ini Penyebabnya

Dr. Rachel menambahkan, 5 kiat di atas mampu membuat kehamilan jadi menyehatkan sekaligus membuat penampilan tetap cantik. Tentu saja, asal ibu hamil mampu menempis segala stres dan rasa galau yang ada.

"Harus happy, walaupun ada kegalauan, baby blues, semua harus senang. Untuk merawat wajah minimal cuci muka lah. Pake sunblock, moisturizer. Kecuali jerawatan baru diobati," tambahnya.