#29CaraSehat: 6 Olahraga Favorit di Gym yang Bakar Kalori dan Bikin Tubuh Seksi

By Ade Ryani HMK, Kamis, 23 Februari 2017 | 11:30 WIB
#29CaraSehat: 6 Olahraga Favorit di Gym yang Cepat Bakar Kalori dan Bikin Tubuh Seksi (Ade Ryani HMK)

Olahraga memiliki segudang manfaat kesehatan untuk jiwa dan raga. Dari mulai mengatasi sejumlah penyakit hingga mencegah dan menghilangkan stres. Bagi Anda yang merasa lebih termotivasi dan ingin olahraga dengan cara yang benar, bergabung di pusat kebugaran (gym) tentu menjadi opsi utama.

Lalu kelas apa saja yang bisa diikuti? Jika Anda tipe orang yang senang olahraga individual, bisa melakukan olahraga kardio seperti lari di atas treadmill, sepeda statis, angkat beban, dan sebagainya.

Namun, jika Anda senang dan merasa bersemangat saat olahraga berkelompok alias ramai-ramai, tak ada salahnya mencoba kelas-kelas favorit berikut ini:

1. Zumba

Tarian yang mengolaborasikan hip hop, samba, salsa, soca, meringue, mambo, dan beberapa seni bela diri ini memang gerakannya sangat unik. Tidak memaksa kita untuk menguasai semua, tapi sangat menyenangkan untuk dilakukan karena diiringi musik yang energik. Setiap gerakan zumba membuat semua otot tubuh bekerja sempurna. Lelah tapi puas. Latihan ini membakar kalori dan lemak dengan begitu cepat. Menyenangkan, bukan?

2.  Yoga

Gerakan yoga mengombinasikan kerja berbagai bagian tubuh. Itu sebabnya tubuh harus dalam kondisi rileks, tenang, dan dilakukan dengan konsentrasi. Dalam tahap awal manfaat yoga adalah mampu membuat tubuh lebih kuat terhadap penyakit, mengatasi kegelisahan, dan membantu pernapasan serta kesehatan organ dalam tubuh. Namun, pada tahap yang lebih dalam, yoga ditujukan untuk meditasi jiwa.

Baca: #29CaraSehat: Tak Usah Minum Obat! Lakukan 6 Pose Yoga Ini untuk Usir Nyeri Punggung

3. EMS

Hanya dalam hitungan menit melakukan EMS (Electro Muscular Stimulation) setara dengan latihan beban konvensional selama 3-4 jam. EMS mampu mengaktivasi jaringan penghubung dan otot secara keseluruhan yang berujung pada sirkulasi dan reduksi dari sel-sel lemak yang tidak berguna. Sebagai hasilnya adalah bentuk tubuh yang lebih kencang. EMS juga mampu memfokuskan latihan pada area spesifik seperti perut, pinggang dan paha.

4. Muay Thai

Olahraga Muay thai diminati terutama bagi mereka yang sedang diet. Pasalnya, Muay thai banyak melakukan gerakan putaran seperti sikutan dan tendangan yang efektif untuk mengencangkan tubuh sekaligus membakar lemak tubuh.

Baca: Begini Seharusnya Postur Tubuh Saat Berdiri dan Berlari

5. Body Combat

Meski terdiri dari gerakan bela diri yang keras, tapi gerakan tersebut mampu membakar kalori lebih banyak dan variasinya ampuh mengusir rasa bosan.

Bagi kesehatan, olahraga ini berfungsi mengoptimalkan kinerja organ jantung dan paru-paru, membentuk otot tubuh, membakar kalori, melatih koordinasi dan keseimbangan. 

6. Aerobik

Nah, ini dia senam yang menjadi favorit banyak perempuan. Sangat baik untuk kesehatan jantung meski bisa dilakukan dengan santai. Aerobik juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, lo. Dan seperti fungsi olahraga lainnya, aerobik yang terdiri dari banyak gerakan energik membantu pembakaran kalori dan lemak untuk menurunkan berat badan.

Baca: #29CaraSehat: Jalan Kaki 60 Menit Sehari Setara dengan Senam Aerobik, Yuk Dicoba!

Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang