Untuk Pemula, Ini 5 Cara Jitu Agar Olahraga di Gym Hasilnya Maksimal

By Ade Ryani HMK, Kamis, 18 Mei 2017 | 05:30 WIB
4 Skincare Wajb Bagi Perempuan yang Gemar Berolahraga (Ade Ryani HMK)

Olahraga yang dilakukan dengan teratur, akan meningkatkan fungsi organ tubuh dan hormon. Sirkulasi darah yang lancar juga membantu tubuh lebih bugar. Selain itu, olahraga juga bisa mengembalikan mood seseorang agar merasa senang.

Tapi, karena kesibukan sehari-hari masih banyak orang akhirnya melewatkan olahraga. Memang butuh niat yang kuat untuk menjalankan gaya hidup sehat ini. Nah, bagi Anda yang merasa lebih termotivasi jika olahraga bersama teman dan ingin olahraga dengan cara yang benar, bergabung di pusat kebugaran (gym) tentu menjadi opsi utama.

Seperti disarikan dari Everyday Health, ada 5 cara yang harus dilakukan saat baru bergabung dalam gym agar olahraga yang dilakukan bisa berefek maksimal. Apa saja?

1. Mulai perlahan

Tak perlu langsung berlatih setiap hari. Salah-salah malah jadi bencana untuk tubuh Anda.  “Mulailah perlahan-lahan 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari. Tapi bagi Anda pemula Anda bisa melakukannya 1-2 hari per minggu,” tutur John Higgins, MD, direktur Exercise Physiology di University of Texas Health Science Center di Houston.

Baca: Pegal Usai Olahraga? Lakukan 4 Hal Ini

2. Peregangan otot dan pemanasan

Lakukan keduanya sebelum dan setelah latihan di gym untuk kurangi risiko cedera. “Ketika Anda pemanasan, Anda harus meregangkan otot dan menahannya sekitar 15 detik. Anda akan terhindar dari cedera bila melakukannya dengan baik dan benar,” tuturnya.

3. Coba beberapa jenis latihan

Saat bergabung di gym, Anda pasti sudah tahu apa yang diinginkan dari setiap latihan yang dilakukan? Misalnya, membentuk tubuh bagian bawah, menguruskan badan, atau lainnya. Jadi, jangan cuma lakukan 1 olahraga saja. “Jangan lari terus setiap hari. Anda akan bosan. Cobalah yang lain dan Anda akan menikmatinya,” tutur Dr. Higgins.

Baca: Begini Seharusnya Postur Tubuh Saat Berdiri dan Berlari

Ia juga menyarankan agar jangan lupa untuk melakukan beragam olahraga untuk kebugaran tubuh, seperti aerobik, olahraga kekuatan (resistensi), fleksibilitas (termasuk yoga), dan olahraga keseimbangan. Beri perhatian yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya perut, betis, bahu, punggung, dan sebagainya.