Uang Bukan Jaminan, Tapi Ini yang Lebih Penting untuk Menyembuhkan Anak Autis

By nova.id, Kamis, 2 Maret 2017 | 09:45 WIB
Uang Bukan Jaminan, Tapi Perhatian Keluarga Jauh Lebih Penting untuk Anak Autis (nova.id)

Bukan rahasia lagi apabila terapi untuk penderita autis membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Beruntung apabila Anda sebagai orang tua penderita autis memiliki materi yang cukup untuk biaya terapi.

Namun, bagi yang tidak memiliki biaya, tentu akan menjadi masalah. Sebab, penderita autis memang membutuhkan terapi intensif untuk perkembangannya.

Ferina Widodo, artis senior yang dikenal dalam lakon Lenong Rumpi sekaligus Koordinator Yayasan Autis Indonesia memberikan motivasi pada orang tua penderita autis bahwa akan selalu ada jalan bagi seseorang yang percaya.

“Apabila Anda tidak memiliki biaya, jangan berkecil hati. Pintu komunitas kami terbuka lebar untuk Anda. Dari komunitas ini, para orang tua yang tidak punya biaya akan mendapatkan beragam informasi mengenai bagaimana cara menangani anak autis ini, tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Jadi, kalau kita yakin kita pasti diberi jalan,” jelasnya.

Baca: Aneka Terapi Penderita Autis

Menurut Ferina, memiliki banyak uang bukan jaminan bahwa anak autis bisa berkembang. Nyatanya, banyak orang tua yang sebenarnya dikategorikan ‘mampu’, tapi karena kesadarannya yang masih rendah membuat penderita autis justru semakin terbelakang dan tidak berkembang.

“Seperti cerita Adnan, orang tua mereka tergolong mampu. Hanya saja kesadaran mereka akan kehadiran Adnan dengan kemampuannya yang ‘berbeda’ ini masih rendah, sehingga Adnan jadi terlantar dan tidak terurus. Jadi, yang terpenting adalah support dari orang tua dan keluarga. Apabila tidak memiliki uang, lagi-lagi saya mengatakan bahwa pintu komunitas kami sangat terbuka lebar. Semuanya pasti ada jalan,” jelasnya.

Baca: Orangtua Berbagi Suka Duka Mengasuh Anak Autisme

Menurut Ferina, “Begitu pun saat anak autis ingin berprestasi, semuanya bukan hanya harus ada uang. Dukungan dari orang tua, keluarga dan lingkungan juga sangat memengaruhi mereka untuk berprestasi dan menghasilkan karya,” tutupnya.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id