Gaji Rekan Kerja Lebih Tinggi Padahal Jabatan Sama? Lakukan 5 Cara Ini, Nomor 3 Bikin Gaji Kita Naik

By Dionysia Mayang, Rabu, 2 Agustus 2017 | 06:54 WIB
Gaji Rekan Kerja Lebih Tinggi Padahal Jabatan Sama? Lakukan 5 Cara Ini, Nomor 3 Bikin Gaji Kita Naik (Dionysia Mayang)

NOVA.id – Tak semua perusahaan akan terbuka mengenai gaji karyawannya, bahkan kita dengan rekan kerja kita pun juga tentu sungkan untuk membahas gaji masing-masing.

Namun beda cerita bila kita tahu ternyata gaji rekan kita ternyata lebih besar padahal pekerjaan dan jabatan sama, tentu kita akan mempertanyakannya.

Menurut para konsultan karir, bila kita dibayar lebih rendah daripada rekan lain yang setingkat, maka kita bisa mempertanyakan hal itu.

“Mengetahui bahwa orang lain yang melakukan pekerjaan sama dalam jabatan setara memperoleh gaji lebih besar bisa membuat seorang karyawan patah semangat. Oleh karenanya orang bisa memperjuangkan apa yang layak dia peroleh,” kata Vicki Salemi, konsultan karir di Monster.com.

(Baca juga : Jangan Mudah Tergiur Kamera Canggih, Ini Kata Blogger Tentang Cara Bikin Foto Instagram-able)

Meski demikian, kadang-kadang masalahnya tidak sesederhana itu.

Kesalahan seorang pegawai seringkali terjadi sejak awal dia diterima bekerja, karena ia tidak menghargai dirinya sendiri dengan layak.

Situs pekerjaan online CareerBuilder mencatat bahwa 49 persen calon pegawai bahkan menerima begitu saja gaji yang ditawarkan tanpa berusaha bernegosiasi.

(Baca juga : Pasti Jadi Favorit Keluarga, Yuk Bikin Sate Taichan Keju yang Kekinian Ini)

Lalu bila semua sudah terlanjur terjadi, apa yang mesti dilakukan untuk memperbaikinya? Berikut saran dari beberapa konsultan karir bila gaji kita ternyata lebih kecil dari rekan dengan posisi sama:

Jangan Musuhi Rekan Kerja

Wajar bila kita kecewa atau marah, namun jangan musuhi rekan kerja yang digaji lebih tinggi.