Perbaiki Postur Tubuh dengan Pilates, Begini Caranya

By , Jumat, 22 September 2017 | 11:38 WIB
Tata Cara Pilates (Nova)

NOVA.id - Selain bisa merusak pemandangan, postur tubuh bungkuk juga bisa menyebabkan sakit pada persendian dan otot, di antaranya sakit kepala, sakit leher, hingga pegal linu.

Tak hanya itu, postur tubuh seperti itu juga bisa membuat penampilan kita sebagai perempuan seakan jadi kurang maksimal, terutama saat menggunakan busana off shoulder.   Tapi, jangan kuatir. Postur tubuh semacam itu bisa diperbaiki. Salah satu caranya, dengan latihan fisik melalui gerakan-gerakan pilates.   “Gerakan-gerakan pilates sangat efektif untuk memperbaiki bahu karena fokus untuk mengaktifkan otot inti agar tubuh lebih tegak,” ungkap Joshua Christian, seorang pengajar di Studio Pilatology.  

Baca juga: 4 Penyebab Cacingan, yang Terakhir Bukti Kita Masih Jorok!

Dijelaskannya lebih jauh, gerakan-gerakan pilates sendiri lebih fokus pada precise movement atau gerakan yang dilakukan secara benar dan tepat untuk membentuk atau mengencangkan sendi dan otot.

Pasalnya, otot inti yang berada di antara belikat merupakan poros utama bahu menjadi tegak atau tidak.

Saat otot sedang tidak aktif, maka secara otomatis bahu pun akan menurun, begitu pun sebaliknya.

“Latihan pilates hingga mendapatkan bahu dan postur tubuh yang benar minimal harus dilakukan rutin hingga tiga minggu."

"Biasanya postur sudah terlihat membaik."

"Tetapi bagi yang masih pemula dan jarang olahraga disarankan untuk melakukan latihan sehari sekali hingga seminggu tiga kali."

"Jika gerakan tersebut dilakukan tanpa ada jeda, otot bisa kaku dan kaget, sehingga Anda akan mengalami cidera," tambahnya.

Baca juga: Vagina Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Atasi dengan Diet Vagina Ini

Gerakannya pun dilakukan sangat sederhana dengan hitungan 1-5 detik di setiap gerakan, kemudian Anda harus melakukan pengulangan di setiap gerakan selama 8-10 kali.