Bagus Buat Diet, Ternyata Makanan Pedas Juga Bermanfat untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi Loh, Ini Faktanya!

By Amanda Hanaria, Rabu, 1 November 2017 | 13:30 WIB
Setelah olahraga sebaiknya pilah-pilih makanan yang Anda konsumsi. Salah satunya, jangan pilih makanan pedas. (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Baru-baru ini para peneliti membuat sebuah penemuan soal manfaat makanan pedas untuk menurunkan tekanan darah seseorang.

Studi korelasi antara makanan pedas dengan tekanan darah seseorang ini dilakukan oleh Third Military University di Chongqing, Tiongkok.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, mereka mengungkapkan bahwa penikmat makanan pedas cenderung makan lebih sedikit garam sehingga memiliki tekanan darah rendah dibandingkan dengan orang yang kurang makan makanan pedas.

Baca juga: Kelanjutan Kasus Ayah Perkosa Anak Kandung di Kupang, Ternyata Aksi Cabulnya Direkam di Handphone

"Makanan pedas memodifikasi selera garam seseorang di otak. Menikmati makanan pedas akan secara signifikan mengurangi preferensi seseorang akan garam," kata Dr Zhiming Zhu, peneliti dari Third Military University di Chongqing, China, yang melakukan studi tersebut.

Dalam studi yang dilakukannya, Zhu merekrut sekitar 600 orang dewasa untuk mengonsumsi lebih banyak makanan pedas.

Partisipan penelitian kemudian dibagi menjadi tiga kelompok: rendah, menengah dan tinggi.

Pembagian ini berdasarkan tingkat preferensi mereka dalam menolerir larutan yang mengandung capsaicin, senyawa penghasil rasa pedas yang ditemukan pada cabai.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin seseorang menikmati rasa pedas, semakin sensitif pula lidahnya terhadap rasa asin.

Baca juga: Selain Song Song Couple, Ini Dia 5 Pasangan Seleb Korea yang Diharapkan Segera Naik Pelaminan

Akibatnya, selera makan untuk sesuatu yang terlalu asin pun ikut menurun.

Hal ini mungkin menjawab mengapa pecinta pedas cenderung mengkonsumsi lebih sedikit garam serta memiliki tekanan darah rendah dibandingkan orang yang tidak menyukai rasa pedas.