Ini Loh yang Dialami Tubuh Saat Kekurangan Kalori, Nomor 6 Sering Tak Disadari Perempuan

By Winggi, Minggu, 14 Januari 2018 | 10:00 WIB
Akibat kekurangan kalori (istock) (Winggi)

NOVA.id- Untuk memiliki tubuh yang ideal, banyak orang mengatasinya dengan menurunkan berat badan mereka.  Biasanya mereka melakukan hal ini dengan mengurangi asupan karbohidrat dan juga lemak. 

(Baca juga: Salut! Punya Harta Melimpah, Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Makan di Tempat Seperti Ini! Netizen: Ini Baru Orang Kaya Beneran!) Namun, perlu diketahui jika kita tidak cukup makan kalori, tubuh akan merasa kelaparan yang akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Berikut hal yang terjadi ketika kita kekurangan asupan kalori. 

(Baca juga: Cocok Dipadukan dengan Sajian Berbahan Ikan dan Seafood, Simak Resep Sambal Matah yang Super Nikmat Ini)

1. Lelah sepanjang hari  Makanan yang mengandung kalori, ketika masuk ke dalam tubuh akan dipecah.  Kemudian kalori tersebut akan menopang semua fungsi tubuh, seperti perawatan organ dan juga kesehatan.  Seharusnya kita mengasup kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.  Orang dewasa membutuhkan energi lebih besar daripada anak-anak setiap harinya.  Jika kebutuhan energinya berkurang maka akan menyebabkan kelelahan sepanjang hari. 

(Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan Lebih Cepat? Coba Deh Konsumsi Bahan Herbal Rumahan Ini)

2. Rambut rontok Rambut rontok yang meningkat merupakan tanda yang tidak sehat karena akar memerlukan banyak nutrisi. Mereka termasuk protein, zat besi, dan biotin.  Jadi jika kita tidak cukup makan kalori, tubuh akan memotong makanan ke bagian yang kurang penting, seperti rambut dan kulit kita.  Sehingga disarankan kita bisa mengarahkan apa pun untuk memelihara organ vital tubuh kita.

(Baca juga: Terbungkus Kardus Mie Instan, Warga Madiun Temukan Bayi Berkulit merah)

3. Berat badan sama meski sudah latihan dan diet ekstrem Banyak orang yang memiliki berat badan yang tidak berubah meski sudah mengurangi asupan kalori dan meningkatkan jumlah latihan setiap hari.  Hal ini kerena tubuh kita tidak menyukai perubahan drastis, karena bisa menyebabkan kelaparan bahkan keatian.  Disarankan untuk memperlambat pelepasan hormon tiroid dan hormon seks kita, serta meningkatkan produksi kortisol (hormon stres) untuk memperlambat metabolisme kita.  Dengan begitu kita tidak akan kehilangan berat bdana lebih banyak, disini diartikan sebagai sumber energi pada tubuh. 

(Baca juga: Makan Dipinggir Jalan, Nagita Slavina Dibandingkan dengan Ayu Ting Ting, Netizen: Bedanya Jauh!)

4. Selalu merasa dingin  Jika kita selalu merasa dingin padahal orang disamping merasa panas, tandanya tubuh kita tidak cukup mengasup kalori.  Ini karena saat kita lapar, tubuh mengurangi hormon tiroid T3 yang dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh. 

(Baca juga: Begini Nih Kalau Ridwan Kamil Sindir Syahrini!)